Perusahaan Rintisan Asal Solo Menangi Kontes Kembulan Digital l Hetero for Startup 2021

  • 14 Apr
  • bidang ikp
  • No Comments

SEMARANG – Automa, bisnis rintisan (startup) yang bergerak di bidang pelacakan barang secara elektronik, memenangi kontes rintisan bertajuk Kembulan Digital l Hetero for Startup 2021. Gerakan yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo itu, melahirkan pengusaha rintisan baru yang fokus membantu UMKM dan warga desa berkembang.

 

Pada event yang diselenggarakan di Hotel Allstay itu, ada lima finalis bisnis rintisan yang memaparkan bisnisnya, kepada para juri, Selasa (13/4/2021). Selain Ganjar Pranowo, hadir pula para juri yakin Ferro Ferizka sebagai Worldwide Senior Lead dan Customer Experience (CX) Microsoft, Founder of Clapham Company. Angel Investor Chris Angkasa, dan Regi Wahyu sebagai CEO dan Founder HARA.

 

Program ini memiliki tujuan memberdayakan ide kreatif anak muda dalam menemukan solusi atas masalah pada ruang lingkup industri kreatif di Jawa Tengah, dan memberikan ruang berkarya dan kolaborasi bagi anak muda melalui kompetisi startup.

 

“Harapannya Hetero for Startup dapat menciptakan entrepreneur baru, ada anak muda kreatif yang bisa berbagi pengalaman, ada kolaborasi yang bisa dibuat. Maka ada produk yang bisa diciptakan dan selalu inovatif dan kreatif, kemudian bisa bermanfaat untuk ekonomi dan kemanusiaan yang akan menjadi kekuatan bangsa” tutur Ganjar Pranowo dalam opening Kembulan Digital l Hetero for Startup.

 

Serupa, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng Ema Rahmawati menyebut, ajang ini adalah umpan bagi Generasi Z yang ada di wilayah Jawa Tengah. Menurutnya, ketertarikan anak muda telah beralih kepada bisnis yang melibatkan teknologi canggih.

 

“Anak muda kan tidak tertarik dengan bisnis UKM tradisional, tapi tertarik dengan bisnis seperti ini. Mulai dari sekarang kita ajak generasi Z untuk mengembangkan bisnis dengan model ini ataupun produksi,” ujarnya.

 

Ema mengatakan, Jawa Tengah memiliki sekitar 3 juta bisnis start up. Namun demikin, ia mengakui angka ini masih jauh bila dibandingkan provinsi tetangga, seperti Jawa Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

 

“Kendalanya, kita kurang mengetahui potensi teman-teman. Selain itu belum ada pihak yang kemudian mau menginkubasi. Maka kita dorong para inkubator untuk mendampingi anak-anak, agar mereka tak hanya paham produksi tapi juga segi bisnisnya,” urainya.

 

Adapun, pendaftar ajang ini mencapai 2.188 peserta dengan total 437 tim. Mereka dikurasi hingga menjadi 20 tim yang mewakili dari berbagai bidang seperti pendidikan, pariwisata, logistik dan transportasi, UMKM, dan kategori umum.

 

Sementara lima usaha rintisan yang berhasil masuk lima besar adalah, Sunrise Adventure Consultant, Lindungi Hutan, Komerce, bsfly.id dan PT Sentra Solusi Automa. Dari kelima finalis, PT Sentra Solusi Automa, bsfly.id dan Komerce, masing-masing menyabet juara satu, dua dan tiga.

 

Pimpinan PT Sentra Solusi Automa Alfon Stefa mengatakan, saat ini perusahaan rintisannya berfokus membantu UMKM yang bergerak di berbagai bidang. Jasa yang ditawarkan adalah, penelusuran distribusi barang dan manajemen gudang.

 

Idenya, berawal dari praktik kecurangan (fraud), yang sering dirasakan oleh pengusaha yang mengirimkan barang mereka.

 

“Kita bergerak di Supply change IoT, layanan Fit Management, warehouse management, censor management dan utility metering. Itu bisa digunakan untuk membentuk digital ecosystem untuk supply change tracking kendaraan, untuk tracking paket, suhu ruangan. Misal kita mau kirim vaksin, kita bisa tahu suhunya langsung dari (gadget),” ujarnya.

 

Dengan layanan itu, ia menyebut rute pengiriman dan kualitas barang dapat termonitor melalui gadget.

 

Alfons menyebut, saat ini 100 fleet dan 2000 warehouse (gudang). Kebanyakan dari mereka adalah sektor UMKM yang bergerak di bidang pengiriman barang.

 

“Kami layanan UMKM, karena perusahaan gede-gede ada sendiri. Itu termasuk murah. Kami ada level harga Rp50 ribuĀ  sampai Rp500 ribu per bulan, bergantung layanannya,” sebutnya. (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Berita Terkait