JELANG PERINGATAN HUT RI, MASYARAKAT DAN OPD DIHARAP PASANG UMBUL-UMBUL

  • 31 Jul
  • dev_yandip prov jateng
  • No Comments

PURBALINGGA – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 72, masyarakat dan organisasi perangkat daerah (OPD) se Kabupaten Purbalingga dihimbau agar memasang umbul-umbul, layur, dan lampu hias. Kemudian juga membersihkan lingkungan sekitar serta melakukan pengecetan pagar-pagar agar kelihatan indah dan sedap dipandang mata.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Purbalingga, Wahyu Kontardi saat mempimpin rapat persiapan peringatan HUT RI ke 72 tingkat Kabupaten Purbalingga di ruang rapat Bupati, Jum’at (28/7). Umbul-umbul dan layur menurut Wahyu diwajibkan menggunakan warna merah putih, jangan mengguakan warna yang lain, karena warna merah putih melambangkan semangat nasionalisme.

Peringatan HUT RI kali ini menurut Sekda akan dibuat lebih meriah dari tahun-tahun yang lalu, selain kegiatan inti seperti upacara, tasyakuran, istighotsah dan sidang paripurna DPRD juga akan dilaksanakan 30 jenis perlombaan. Perlombaan tersebut akan diikuti berbagai unsur seperti masyarakat, sekolahan perusahaan, abang besak serta OPD.

“Untuk seluruh OPD hukumnya wajib mengikuti seluruh jenis lomba yang dilombakan bagi OPD, salah satu tidak mengikuti akan dikenakan teguran, dan sanksi lainnya,” katanya.

Sedangkan ketua Seksi Perlombaan, yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Sidik Purwanto mengatakan rangkain peringatan HUT RI ke 72 akan dilaksanakan sejak tanggal 1 – 31 Agustus. Yakni dimulai dengan kegiatan istighotsah pada Selasa (1/8) yang dihadiri 1.000 orang di Pendopo Dipokusumo.

“Pada tanggal itu juga akan dilaksanakan gelar potensi peternakan Purbalingga 2017 di Pasar Hewan Purbalingga. Perlombaan akan memperebutkan trophy dan uang pembinaan senilai Rp 25 juta, serta beragam doorprize lainnya,” kata Sidik.

Ada 6 Katagori yang akan dilombakan lanjut Sidik antarlain Sapi PO (peranakan ongole) jantan dan betina. Kambing Kejobong jantan dan betina, Juara Favorit sapi simental jantan dan betina, Juara favorit sapi lomousin jantan dan betina. Juara favorit kambing PE jantan dan betina, serta juara favorit domba jantan dan betina.

“Untuk memeriahkan peringatan HUT RI ke 72, juga akan dilaksanakan pawai pembangunan pada Hari Sabtu (19/8) yang akan diikuti oleh unsure Setda, OPD Kabupaten, Dinas Vertikal, BUMN/BUMD Kecamatan, SMK/SMA, SMP,” katanya.

Sidik menambahkan pada pawai pembangunan tersebut Kepala OPD akan langsung memimpin rombongan pawai. Kalau biasanya kepala OPD ada di panggung kehormatan, nantinya akan berjalan bareng dengan peserta pawai. Peserta pawai diharapkan dapat menampilkan hasil-hasil pembangunan yang telah dilakukan.

“Pada panggung kehormatan tidak diperkenankan melakukan display, kalau akan melakukan display bisa dilakukan di sepanjang jalan,” katanya.

Pelarangan display menurut Sidik dikarenakan peserta pawai pembangunan diperkirakan mencapai 164 peserta, jika dilakukan display maka akan memakan waktu yang lama, kalau dilakukan display diperkirakan bisa sampai petang. Sedangkan untuk rute dan ketentuan pawai akan diumumkan lebih lanjut oleh Dinporapar sebagai penangungjawab kegiatan pawai.

“Untuk memberikan semangat pada pawai juga nantinya selain mendapatkan piala juga akan mendapatkan uang pembinaan, yang nominalnya masih rahasia,”pungkas Sidik. (PI-2

Berita Terkait