Manfaatkan Lahan Kosong untuk Jaga Ketahanan Pangan

  • 28 Jul
  • yandip prov jateng
  • No Comments

 

BATANG – Menyikapi dampak ekonomi yang terjadi akibat pandemi Covid-19, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Candi Polres Batang bersama warga berinisiatif memanfaatkan lahan kosong dengan ditanami beragam sayur-sayuran. Sehingga dapat menjaga ketahanan pangan masyarakat Desa Denasri Kulon Kecamatan Batang.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, pemanfaatan lahan kosong di tengah kota oleh warga, merupakan wujud inovasi Bhabinkamtibmas Candi untuk menjaga ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi.

“Satu petaknya Rp100.000. Di sana terdapat sayuran bayam, dan ternyata lahannya pun dapat ditanami timun dan pare. Inilah contoh nyata hasil binaan Bhabinkamtibmas yang akan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Batang, membantu rakyat di masa adaptasi kebiasaan baru,” terangnya usai meninjau lahan produktif, di Desa Denasri Kulon Kecamatan/Kabupaten Batang, Senin (27/7/2020).

Bupati mengapresiasai langkah konkret yang dilakukan Polda Jawa Tengah, Polres Batang dan keluarga besar kepolisian bersama pemerintah daerah yang bersinergi, baik di sisi pencegahan, penanganan maupun pemulihan kembali kondisi perekonomian masyarakat Kabupaten Batang.

“Untuk menjaga ketahanan pangan warga, ada beberapa program yaitu membantu UMKM, pelaku ekonomi yang dilakukan secara bertahap dengan memprioritaskan kepada yang paling membutuhkan,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Batang, Abdul Waras mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Bupati Wihaji dengan membangun Kawasan Industri Terpadu untuk memperbaiki perekonomian di Kabupaten Batang.

“Mohon doa dari rekan-rekan media dan seluruh warga supaya yang diupayakan oleh Bupati Wihaji baik dan lancar. Sehingga pemulihan perekonomian di Kabupaten Batang berjalan lancar sesuai harapan,” harapnya.

Kapolres mengatakan untuk menjaga ketahanan pangan di wilayah hukum Polres Batang, semua Bhabinkamtibmas dapat membantu masyarakat memanfaatkan lahan kosong di sekitarnya.

“Di masing-masing Bhabinkamtibmas sudah memanfaatkan lahan di desa binaannya sesuai kearifan lokal yang ada. Misalnya di Denasri sayuran, Wonotunggal kolam ikan dan ketela,” sebut Abdul Waras.

Melihat produktivitas warga dalam memanfaatkan lahan sekitar, Ketua Tim Asistensi Kasubdit Binpolmas Polda Jawa Tengah, M Toha menyampaikan apresiasi kepada warga yang tetap produktif, meski di tengah pandemi.

“Kepada masyarakat yang mempunyai lahan dan belum dimanfaatkan secara optimal, jajaran Bhabinkamtibmas Candi akan berupaya mengarahkan warga, supaya mereka mengetahui apa yang harus dilakukan,” imbau Toha.

Dia berharap, masyarakat dapat menjaga mental agar tetap bersemangat dan mampu menyikapi keadaan saat ini, dengan penuh kesadaran.

“Bhabinkamtibmas Candi tidak hanya menjauhkan warga dari perasaan sedih, namun juga memberi semangat kembali untuk dapat membangkitkan perekonomian,” tegasnya.

Penulis : Mc Batang Jateng/Heri
Editor : dnk/ul Diskominfo Jateng

Berita Terkait