KARANGANYAR JUARA UMUM MTQ PELAJAR DAN UMUM KABUPATEN PURBALINGGA

  • 27 Jul
  • dev_yandip prov jateng
  • No Comments

PURBALINGGA – Qori dan Qoriah utusan Kecamatan Karanganyar kembali berjaya pada penyelenggaraan Musabakoh Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar dan Umum tingkat Kabupaten Purbalingga yang diselenggarakan 24 – 25 Juli 2017. Delapan predikat juara pertama, tujuh perak, tujuh perunggu dan satu juara harapan yang diraih mengukuhkan kembali dominasi Kecamatan Karanganyar sebagai juara umum.

“Tahun depan akan diperebutkan kembali piala bergilir, karena Kecamatan Karanganyar sudah juara umum berturut-turut dan berhak atas piala tetap,” ujar Kordinator MTQ yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga H. Akhmad Muhdzir, Sag, MM, saat penutupan acara, Selasa (25/7).

Delapan emas (juara pertama) masing-masing disumbangkan oleh Musyfiq Aufa Ulinnuha cabang Tilawah dan Tahfidz 1 juz SMP/MTs putra dari MTs N Karanganyar, Tia Nur Afifah (MTs N Karanganyar) cabang Tilawah dan Tahfidz 1 juz SMP/MTs putri, Adi Saputra (SMA Ma’arif Karanganyar) cabang Tilawah dan Tahfidz 5 juz SLTA/MA putra.

Kemudian dari MTQ Umum, Nur Rofiq Jaelani cabang Tilawah Remaja putra, Adi Saputra cabang Tilawah dan Tahfidz 5 juz putra, Fiki Fauziyatul Umami cabang Tahfidz 10 juz putri, Siti Arofah Tahfidz 20 juz putri dan Eka Susanto pada cabang Tahfidz 30 juz putra.

“Kecamatan Purbalingga menempati ranking kedua dengan perolehan 8 emas, tiga perak, satu perunggu dan lima juara harapan,” jelasnya.

Ahmad Muhdzir menambahkan, para juara 1 selanjutnya akan menjadi duta Purbalingga dalam perhelatan MTQ Pelajar dan Umum tingkat Jawa Tengah.

Bupati Purbalingga H Tasdi, SH, MM sangat mengapresiasi kegiatan MTQ yang telah rutin diselenggarakan tiap tahunnya. Menurut Bupati, ajang MTQ merupakan ajang kompetisi, ajang prestasi dan ajang internalisasi.

“Sebagai ajang kompetisi dan prestasi akan menghasilkan siapa-siapa yang menjadi juara dan tentu ada yang belum mendapatkan apa-apa atau belum juara,” katanya.

Sedangkan sebagai ajang internalisasi, lanjut Bupati, setelah lomba ini bukan berarti selesai. Namun melalui kegiatan ini, kita dapat menginternalisasi apa yang kita pelajari. Tidak hanya membaca dan menghafal Al Quran, tetapi kita dapat menjiwai Al Quran sehingga dapat mengamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Seperti yang kemarin saya sampaikan, bagi yang juara pertama dan akan menjadi wakil Purbalingga pada MTQ tingkat Jawa Tengah, terus belajar untuk meningkatkan dan menyempurnakan kualitasnya. Nanti yang juara pertama tingkat Jawa Tengah, saya sudah berjanji akan kami kirim melaksanakan ibadah umroh ke tanah suci,” tandas Bupati.

Langhkah tersebut, lanjutnya, sebagai bagian dari upaya memberikan semangat dan motivasi kepada generasi muda yang kedepan akan menjadi pelopor generasi yang akhlakul karimah. (FI-4)

Berita Terkait