Festival Durian Ramaikan HUT Purworejo, Bupati akan Wajibkan Tiap Rumah Ditanami Durian

  • 17 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

PURWOREJO – Ratusan warga meramaikan acara Grebeg dan Festival Durian, yang digelar dalam rangka Hari Jadi Ke- 189 Kabupaten Purworejo, pada hari Jumat (14/2/2020) hingga Minggu (15/2/2020) di Jalan RAA Tjokronegoro, tepatnya didepan Pendopo Kabupaten Purworejo.

Acara diawali dengan kirab pasukan pembawa empat buah ambeng dan wadah berisi durian dari Kompleks Pendopo Kabupaten menuju panggung utama. Usai dikirab, ratusan warga ramai-ramai berebut isi dari ambeng yang terdiri dari durian, pete dan buah manggis, buah khas dari Purworejo.

Bupati Purworejo Agus Bastian, yang membuka secara langsung acara tersebut berharap, Grebeg dan Festival Durian dapat menjadi salah satu acara yang diminati penggemar durian dari daerah lain untuk datang ke Purworejo. “Saya mengundang teman-teman dari Jakarta dan Yogyakarta untuk datang kesini agar lebih meriah”, terangnya.

Kegiatan ini merupakan bentuk syukur para petani atas panen durian yang melimpah. Festival Durian juga bertujuan mengenalkan keberagaman durian unggul lokal Kabupaten Purworejo, salah satunya durian Sikatap yang sudah didaftarkan ke Kementerian Pangan.

Agus menjelaskan, dengan adanya event ini diharapkan petani durian lebih semangat dalam mengembangkan varietas durian sehingga dapat menunjang kesejahteran masyarakat utamanya petani. Apalagi saat ini, Purworejo merupakan salah satu daerah penghasil durian terbanyak.

“Kedepan, saya juga akan mencanangkan agar di seluruh kecamatan di Purworejo disetiap rumah menanam bibit durian,” pungkasnya.

Penulis : Tim Kontributor Kabupaten Purworejo
Editor : Rk, Diskominfo Jateng

Berita Terkait