Peringatan Serangan Umum Empat Hari di Kota Surakarta Tahun 2018

  • 07 Aug
  • yandip prov jateng
  • No Comments

Surakarta – Pemerintah Kota Surakarta mengadakan UpacaraPeringatan Serangan Umum Empat Hari Di Kota Solo di BalaiKota Senin (7/8/2018).

Upacara dibuka dengan persembahan tarian Krido Retno olehDinas Kebudayaan Kota Surakarta yang menggambarkan perjuangan dan pengorbanan para prajurit dalammempertahankan persatuan, kesatuan, dan keutuhan Negara semboyan pantang menyerah selalu di kobarkan.

“Peristiwa tersebut memberi kenangan kepada kita terhadap perjuangan Tentara Pelajar (TP) yang dipimpin oleh Letkol Slamet Riyadi dan Mayor Ahmadi / TNI Brigade 17. Sebuah fenomena sejarah dunia yang belum pernah ada terjadi dinegara manapun, dimana para pelajar yang rata-rata berusia belasan tahun, ternyata mampu menghajar sekaligus mengalahkan tentara sekutu” jelas Ketua DPRD Kota Surakarta, Teguh Prakoso selaku Inspektur Upacara.

Serangan umum 4 hari di Kota Solo dari tanggal 7 – 10 Agutus1949, sebuah momentum dalam mempertahankan eksistensibangsa yang merdeka. Serangan Umum mampu menyadarkanBelanda dan berkesimpulan bahwa Belanda tidak mampubertahan lebih lama di Solo, yang kemudian  secepatnyamenarik mundur tentaranya dari daerah Surakarta, yang padaakhirnya meninggalkan Indonesia pada tanggal 12 November 1949.

Upacara dihadiri oleh Para Sesepuh dan Pinisepuh yang tergabung dalam Tentara Pelajar Kota Sala/Eks Brigade 17 Surakarta ,DPRD Kota Surakarta, Para Pejabat Sipil, TNI, POLRI, Para Tokoh Masyarakat dan Tamu Undangan.

Berita Terkait