BSSN Apresiasi Diskominfo Jateng Perkuat Tim Tanggap Insiden Siber

  • 26 Sep
  • bidang ikp
  • No Comments

SEMARANG – Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) melakukan temu wicara, pada Seminar Nasional Seri III, Kamis (26/9/2024). Ajang itu membahas pentingnya perlindungan data dan keamanan siber, di instansi daerah.

 

Deputi Bidang Keamanan Siber Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Sulistyo mengungkapkan, perlindungan data dan keamanan siber mutlak dilakukan. Ini karena, instansi daerah memiliki tugas untuk melayani publik.

 

Pada kesempatan itu, ia memuji langkah Pemprov Jateng yang telah membentuk tim tanggap insiden siber atau Computer Security Insident Response Team (CSIRT). Tercatat, hingga Januari 2024, sudah terbentuk puluhan tim yang menyebar di kabupaten/kota se-Jawa Tengah, dan organisasi pemerintah daerah (OPD).

 

“Tiap OPD sudah ada tim tanggap insiden di Pemprov Jateng, itu sudah bagus banget. Karena sistem elektroniknya kan tersebar,” ujarnya, di Balairung Rama Shinta, Patra Convention Hotel.

 

Ditambahkan, dengan keamanan data, pelayanan publik akan cepat dan semakin memudahkan masyarakat. Ia memaparkan, dari Januari hingga September 2024, telah terjadi trafik anomali keamanan siber di Indonesia. Tercatat, ada 143.413.687 anomali, yang terdiri atas 59,86 persen aktivitas Malware.

 

Untuk itu, ia mengajak semua instansi, terutama Diskominfo, agar mengikuti seluruh aspek pengamanan. Mulai dari rajin mengubah password dan username secara berkala, menggunakan software asli, dan melengkapi antivirus pada gawai.

 

Perwakilan dari Dirjen Bangda Kemendagri, Ucup Hidayat mengatakan, penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) di Jateng cukup baik. Hal ini dilihat dari indeks penilaian SPBE yang memperoleh peringkat tinggi.

 

“Pada saat teman-teman dari Menpan RB mengevaluasi SPBE setiap tahun, Bu Kadis Jateng dapat predikat memuaskan. Ini cerminan tata kelola berbasis elektronik sudah diselenggarakan di beberapa daerah,” tuturnya.

 

Tercatat, indeks SPBE Jateng terus meningkat. Pada 2021 sebesar 2,74, pada 2022 menjadi 3,34, dan pada 2023 mencapai 4,26.

 

Perlu diketahui, ajang Seminar Askompsi di Kota Semarang berlangsung dua hari. Dimulai pada Kamis ajang ini akan dipungkasi pada Jumat (26/9/2024). (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Berita Terkait