Klaten Gumregah Job Fair Diserbu Ribuan Pencari Kerja

  • 14 Aug
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KLATEN – Ribuan pencari kerja memadati gelaran Klaten Gumregah Job Fair di Gedung Sunan Pandanaran Klaten, Selasa (13/8/2024). Ribuan lowongan pekerjaan tersedia dalam bursa kerja 2024 yang diselenggarakan 13-14 Agustus ini.
Kegiatan tersebut dibuka Asisten ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Klaten Mohammad Nasir mewakili Bupati Klaten Sri Mulyani.
Sebanyak 40 perusahaan dari berbagai sektor industri, ikut serta dalam gelaran Klaten Gumregah Job Fair 2024 ini. Dalam pelaksanaannya, para pencari kerja dapat memanfaatkan teknologi digital dalam mengaplikasikan lamaran kerja ke perusahaan yang dituju, tanpa perlu membawa dokumen cetak. Masing-masing pelamar kerja cukup memindai quick response code (QR code), dan mengisi data diri pada Google Form yang tersedia.
Salah satu pencari kerja, Muhammad Ridwan (19) asal Klaten Selatan mengatakan, dengan keterserdiaan layanan QR code tersebut semakin memudahkan pencari kerja dalam mengaplikasikan lamaran kerja ke perusahaan tujuan.
“Lebih hemat juga karena tidak perlu print dokumen. Proses melamarnya juga lebih cepat,” katanya.
Layanan tersebut juga dinilai efektif bagi perusahaan yang berpartisipasi. Hal itu diakui Recruitment Officer PT Sinar Sosro, Yogi. Menurutnya, penggunaan teknologi digital tersebut dapat mempercepat proses seleksi pelamar kerja.
“Tidak perlu memeriksa satu per satu dari dokumen cetak yang diserahkan oleh pencari kerja. Terlebih, saat job fair seperti ini, bisa sampai ribuan dokumen yang menumpuk,” ujarnya.
Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten, Luciana Rina Damayanti mengatakan, gelaran bursa kerja 2024 membuka sekitar 5.000 lowongan pekerjaan dengan berbagai posisi jabatan dan bidang industri.
“Job Fair ini menjadi jembatan antara pencari kerja dan pemberi kerja, dan pemberi kerja dapat menemukan tenaga kerja, yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan,” ungkapnya.
Rina berharap, melalui kegiatan tersebut dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Klaten. Selain itu, juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penulis: ang/Kominfo-klt
Editor: WH/DiskominfoJtg

Berita Terkait