Sukoharjo Job Fair 2024 Sediakan 2.500 Lowongan Kerja

  • 12 Jul
  • yandip prov jateng
  • No Comments

SUKOHARJO – Sukoharjo Job Fair 2024 kembali digelar di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D). Acara terserbut berlangsung selama dua hari pada 11-12 Juli 2024, dan dibuka oleh Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Rabu (10/7/2024).
Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Sukoharjo, Sumarno, mengatakan, Sukoharjo Job Fair 2024 diikuti 40 stan perusahaan di Sukoharjo dan sekitarnya. Menurutnya, terdapat sekitar 2.500 lowongan pekerjaan yang disiapkan.
“Selama hari pelaksanaan kami harap mampu menempatkan 1.500 tenaga kerja,” ujarnya.
Sementara itu bupati Etik Suryani mengatakan, masalah ketenagakerjaan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Sukoharjo merupakan masalah bersama. Bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah saja untuk menyelesaikannya, namun diperlukan peran aktif masyarakat baik dari berbagai pihak.
“Bisa pihak pemberi kerja/perusahaan, para pengusaha, ataupun para pencari kerja, serta stakeholder terkait yang berhubungan dengan ketenagakerjaan, termasuk Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di SMK-SMK dan Lembaga Penempatan Tenaga Kerja Swasta (LPTKS),” ujarnya.
Dikatakan bupati, selama ini berbagai upaya telah dilakukan pemerintah, baik pusat maupun daerah dalam mengatasi pengangguran. Namun demikian, masalah tersebut belum dapat tertangani secara keseluruhan menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
Laju peningkatan kesempatan kerja tidak sebanding dengan laju peningkatan pencari kerja. Kesempatan kerja yang tersedia pun tidak semua dapat dimanfaatkan dengan optimal. Cukup banyak kesempatan kerja tidak dapat terpenuhi, karena berbagai hal antara seperti tidak tersampaikannya informasi lowongan kerja dari pengguna tenaga kerja kepada pencari kerja dan pencari kerja belum mempunyai keterampilan sesuai kebutuhan pasar.
“Guna mengatasi permasalahan tersebut serta untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya para pencari kerja, Pemkab Sukoharjo melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja menyelenggarakan Kegiatan Sukoharjo Job Fair 2024 ini,” ujarnya.
Bupati menambahkan, keberhasilan penyelenggaraan Job Fair tidak diukur dari banyaknya jumlah lowongan pekerjaan yang ditawarkan dan banyaknya pencari kerja yang mendaftar, tetapi lebih pada banyaknya jumlah pencari kerja yang berhasil ditempatkan, karena muara dari seluruh proses Kegiatan Job Fair ini pada akhirnya adalah penempatan tenaga kerja.

Sumber : KontributorSKH
Editor: WH/DiskominfoJtg

Berita Terkait