Saat Pj Gubernur Jateng dan Prajurit Kodam IV/Diponegoro Sarapan Bersama Keluarga

  • 28 Jun
  • bidang ikp
  • No Comments

SEMARANG – Ratusan prajurit Kodam IV/Diponegoro berkumpul di Balai Diponegoro, Jumat (28/6/2024). Bukan menghadap komandan, mereka menghadap meja makan berbaur dengan keluarga masing-masing, bersiap sarapan bersama pada Gerakan Kembali ke Meja Makan (GKMM).

Sejurus kemudian, mereka larut dalam kehangatan keluarga. Suap demi suap nasi plus lauk pauk berprotein pun tandas.

Tak terkecuali keluarga Sumudi dan Warshinta. Ikut dalam GKMM, prajurit Yonif 400 Banteng Raiders itu mengaku, kebiasaan sarapan sudah menjadi adat keluarga.

“Saya sebelum anak sekolah dan suami berangkat, selalu menyiapkan makan. Kemudian menasihati anak agar tidak nakal di sekolah, terutama sama guru. Nanti setelah suami pulang kerja, kami juga menyempatkan ngobrol,” tutur Warshinta.

Suaminya, Sumudi mengakui hal itu. Menurutnya, dengan meluangkan waktu bersama keluarga, bisa mengurangi beban pekerjaan dan memantau tumbuh kembang anak.

Hal serupa diakui Letkol Sri Wahyuni. Meski tak bisa berkumpul di meja makan setiap hari, ia mengaku selalu menyempatkan satu hari untuk bersama.

“Kalau pas kita bisa bertemu Sabtu atau Minggu, sebisa mungkin kita gunakan untuk kumpul bersama, sekadar makan di luar rumah. Dan waktu itu saya gunakan untuk berkomunikasi intens,” ujar Kabag Regring Babinminvetcad itu.

 

Luangkan Waktu Berkualitas

Pada ajang GKMM di Balai Diponegoro, hadir pula Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pj Ketua TP PKK Jateng Shinta Nana Sudjana, dan Pangdam IV/Diiponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi.

Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo mengatakan, GKMM merupakan salah satu ikhtiar untuk menghadirkan waktu berkualitas bagi keluarga. Menurutnya, kini keluarga seringkali larut dalam kegiatan masing-masing, yang mengorbankan komunikasi di antara anggota keluarga.

“Manfaat makan di meja makan besar, salah satunya curhat. Dan kalau kita ingin memarahi anak, diingatkan dengan perasaan di meja makan, bagus. Juga manfaat sosialisasi gizi seimbang, mencegah stunting, bisa dilakukan,” tuturnya.

Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana, mengajak warganya senantiasa menyediakan waktu luang bagi keluarga. Menurutnya, ajang makan bersama juga menumbuhkan karakter keluarga bahagia.

“Kita perlu menyediakan waktu berkualitas, untuk memperhatikan anak-anak kita. Dari keluarga bahagia menjadi karakter suatu bangsa, dan akan menjadi kuat serta maju,” ucapnya.

Pangdam IV/Diiponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi sangat mendukung GKMM yang digagas BKKBN RI. Menurutnya, hal ini adalah upaya untuk mengeratkan kembali ikatan antaranggota keluarga. (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Berita Terkait