Job Fair Cilacap 2024 Sediakan 7.158 Lowongan Pekerjaan

  • 13 Jun
  • yandip prov jateng
  • No Comments

CILACAP – Sebanyak 7.158 lowongan pekerjaan disediakan dalam acara Job Fair Kabupaten Cilacap Tahun 2024, bertempat di Gedung Tenis Indoor Wijayakusuma Cilacap, Rabu (12/6/2024) hingga Kamis (13/6/2024).

 

 

 

Penjabat (Pj) Bupati Cilacap Awaluddin Muuri, menuturkan, kegiatan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mengentaskan masalah meningkatnya jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan kerja serta kurangnya informasi lowongan kerja yang tersedia. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2023, sebanyak 91.510 orang di Kabupaten Cilacap masih membutuhkan pekerjaan dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 8.74 persen. Angka tersebut lebih tinggi dari TPT Provinsi Jawa Tengah, sebesar 5 persen.

 

 

 

 

“Ini kesempatan kita untuk mengurangi pengangguran di Kabupaten Cilacap. Semoga kesempatan ini menjadi awal yang baik untuk mencapai karir yang diinginkan, serta ke depannya bisa lebih sering digelar di berbagai wilayah di Kabupaten Cilacap”, ungkap Pj bupati, saat membuka acara Job Fair Cilacap 2024.

 

 

 

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Cilacap, Wiwik Prasetyaningsih, menjelaskan, Job Fair Cilacap 2024 merupakan kerja sama pertama antara Pemkab Cilacap dengan Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia. Acara tersebut menghadirkan 40 perusahaan dari dalam dan luar Kabupaten Cilacap, serta Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) dan Bursa Kerja Khusus (BKK).

 

 

 

“Ada 28 perusahaan dalam negeri dan 12 perusahaan luar negeri. Total lowongan kerja mencapai 7.158 dengan 19 lowongan kerja untuk disabilitas di dalamnya”, jelas Wiwik.

 

 

 

Tak hanya bagi pencari kerja, Kepala Unit Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Muchammad Yusuf, menyampaikan, Job Fair juga digunakan oleh perusahaan untuk mencari pekerja dengan kualitas terbaik. Pekerja Migran Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap menempati urutan kedua se-Jawa Tengah pada Tahun 2023 dengan total 7.315 orang. Hal ini menunjukkan talenta dan minat untuk bekerja yang dimiliki masyarakat Cilacap sangat tinggi dan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh perusahaan dengan sebaik mungkin.

 

 

 

“Untuk job matching, sudah kami siapkan aplikasi Karir Hub. Bisa diakses www.karirhub.kemnaker.go.id. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi para pencari kerja dan pemberi kerja”, pungkasnya.

 

 

 

 

Penulis: pink/aji, Kominfo Cilacap

Editor: Tn/Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait