Pemprov Libatkan Bank Jateng,  Sukseskan HUT Dekranas dan HKG PKK untuk Gulirkan Ekonomi Warga

  • 12 May
  • bidang ikp
  • No Comments

SURAKARTA – Ajang HUT ke-44 Dekranas dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 PKK, yang dipusatkan di Kota Surakarta, membawa dampak ekonomi bagi warga. Mulai dari okupansi hotel, hingga rezeki bagi para make up artist.
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Jateng, Ema Rachmawati, mengatakan, pemprov bersama pihak terkait, siap menyambut tamu-tamu ajang tersebut. Ia menyebut kesiapan terkait konsumsi keamanan dan lokasi acara.
Alhamdulillah, kita sudah siap, di Dekranas Dinas Perindag sudah siap dengan acara di Alila. Kalau provinsi kan (persiapkan) ini, dan HKG alhamdulillah sudah 90 persen siap diselenggarakan. Jambore PKK, dimulai tanggal 14 Mei besok,” tuturnya, di temui di sela-sela pemantauan kesiapan di Taman Balekambang, Minggu (12/5/2024).
Ditambahkan, kesiapan itu diharapkan membawa dampak positif bagi warga. Ini dilihat dari tingkat keterisian hotel yang meningkat saat acara tersebut.
“Yang jelas UMKM pasti bergerak semua. Hotel saja ini sudah penuh, transportasi, bahkan MUA sudah habis. Kemudian penari banyak disewa, juga mobil hias. Makanan di sini kan full katering, masing masing provinsi cari makan sendiri. Sudah saya sampaikan daftar katering, UKM pasti terangkat,” tuturnya.
Ema mengatakan, acara tersebut juga didukung oleh Bank Jateng. Di antaranya dengan sokongan suvenir, dan acara makan gratis.
“Untuk acara makan gratis bagi kader PKK, nanti disediakan makanan khas Solo (di Balekambang) ada menu khas HIK, tengkleng, nasi liwet, gempol pleret, hingga es puter,” imbuh Ema.
Dijelaskan, rangkaian berlangsung mulai 14-18 Mei 2024. Mulai welcome dinner pada 14 Mei, ekspo UMKM kriya  dan penampilan musisi kondang di Pamedan Pura Mangkunegaran 15-18 Mei. Adapula peragaan busana wastra nusantara di Plaza Taman Sriwedari pada 15 Mei.
Dilanjutkan dengan parade mobil hias pada 15 Mei, dari Stadion Sriwedari- Balaikota Surakarta. Sementara itu, puncak HKG ke 52 diselenggarakan pada 16 Mei di Balekambang. Rangkaian acara berakhir pada 18 Mei di Pamedan Mangkunegaran. (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

Berita Terkait