Hingga Lebaran, Stok Elpiji di Jepara Dipastikan Aman

  • 21 Mar
  • yandip prov jateng
  • No Comments

JEPARA – Stok elpiji 3 kilogram di wilayah Kabupaten Jepara, dipastikan aman hingga Lebaran. Karenanya, masyarakat diminta tidak resah.
Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, di sela-sela peninjauan lapangan di beberapa Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE), pangkalan gas elpiji, dan agen di sejumlah wilayah Jepara, Selasa (19/3/2024). Dari hasil pantauannya, diketahui stok elpiji masih cukup banyak.
“Tadi saya pantau di SPBE Mulyoharjo, hari ini sudah ada stok 60 ton, kurang lebih sekitar 20ribu gas elpiji 3kg,” kata Edy.
Menurutnya jumlah tersebut sudah cukup untuk melayani masyarakat, dan nantinya akan didistribusikan ke 12 pangkalan. Di Kabupaten Jepara, elpiji dipasok dari beberapa daerah, yakni Semarang, Rembang, dan Gresik. Namun, menurutnya, memang belakangan ini terjadi kendala distribusi karena cuaca ekstrem.
“Saya sudah komunikasi dengan pihak Pertamina, disampaikan bahwa stok gas elpiji 3kg hingga Lebaran nanti dipastikan aman,” tandasnya.
Terkait banyaknya keluhan warga mengenai harga gas yang tidak sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET), Pj bupati mengatakan, sejauh ini harga masih terkendali antara Rp18 ribu hingga Rp22 ribu.
“Seperti di Tiktok kemarin ada yang menjual lebih dari harga yang ditetapkan, orangnya sudah mengaku salah. Kalau ada lagi, silakan dilaporkan saja,” tegasnya.
Berdasarkan pantauan langsung di pangkalan Bangsri, Pj bupati mendapati memang banyak antrean warga. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan sistem antrean berdasarkan nomor urut dan KTP. Sebanyak 100 tabung gas elpiji ludes diserbu warga dalam hitungan menit di pagi hari, dan siangnya akan kembali ditambah 100 tabung elpiji 3kg.
Diakui, menghadapi Ramadan, memang banyak masyarakat yang membutuhkan elpiji untuk memasak. Khususnya, bagi para pelaku UMKM yang jumlahnya semakin bertambah selama bulan puasa.
“Kami sudah bersurat ke Pertamina, untuk menambah pasokan gas di Kabupaten Jepara,” pungkasnya.

Penulis : DiskominfoJepara/Reza
Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait