Meninggal Saat Bertugas, Ahli Waris Linmas KPPS di Magelang Terima Santunan BPJS Ketenagakerjaan

  • 21 Mar
  • yandip prov jateng
  • No Comments

MUNGKID – BPJS Ketenagakerjaan Magelang, menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris keluarga almarhum Robbani (68) yang meninggal saat menjalankan tugas sebagai Satlinmas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Desa Sidomulyo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.
Santunan diserahkan di rumah almarhum Robbani di Dusun Drojogan, Desa Sidomulyo Kecamatan Salaman, Rabu (20/3/2024). Santunan diserahkan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Magelang, Budi Pramono didampingi Ketua KPU Kabupaten Magelang, Ahmad Rofik, dan Kepala Desa Sidomulyo, Nurwasis Noyodirjo.
“KPU secara maksimal ingin melindungi seluruh penyelenggara khususnya anggota KPPS, PPS dan anggota linmas di TPS. Salah satu caranya, dengan menggandeng BPJS Ketenagakerjaan Magelang untuk memproteksi diri dari kecelakaan bahkan meninggal saat menjalankan tugas,” kata Ketua KPU Kabupaten Magelang, Ahmad Rofik.
Dijelaskan Rofik, di wilayahnya terdapat 34 anggota KPPS di Kabupaten Magelang, baik yang masuk rumah sakit maupun meninggal. Untuk yang tidak tercover oleh BPJS, KIS maupun jaminan yang lain, KPU Kabupaten Magelang memberikan santunan sebesar Rp8,5 juta rupiah.
“Yang tidak tercover oleh jaminan kesehatan kita salurkan santunan Rp8,5 juta rupiah seperti yang sudah kita salurkan kemarin di Kecamatan Pakis dan Sawangan. Linmas KPPS di Kabupaten Magelang yang meninggal hanya ada satu orang yaitu almarhum Pak Robbani ini. Ke depan, untuk kegiatan Pilkada seluruh anggota KPPS sudah tercover oleh anggaran dari Provinsi Jawa Tengah,” jelasnya.
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Magelang, Budi Pramono menyampaikan, santunan JKM untuk ahli waris almarhum Robbani yang diberikan sebesar Rp42 juta rupiah diterima langsung oleh anak almarhum.
Menurutnya risiko tidak akan tebang pilih, bisa terkena pada siapa saja. Untuk itu jaminan kesehatan terutama tenaga kerja menjadi sesuatu yang penting untuk dimiliki oleh masyarakat.
“Penting untuk kita duduk bersama, antara BPJS, KPU dan Pemerintah Daerah untuk memberikan proteksi terhadap anggota KPPS. Apalagi Pilkada juga sudah akan mulai,” imbuhnya.
Ia menambahkan, di wilayah Kedu terdapat lima warga yang menerima Santunan JKM karena meninggal dunia yaitu di Temanggung dua orang, Kabupaten Magelang satu orang dan Kabupaten Purworejo dua orang.
“Santunan ini bagaimanapun tidak bisa menggantikan sosok almarhum Bapak Robbani, namun semoga santunan ini dapat bermanfaat untuk keluarga yang ditinggalkan. Ini bentuk kehadiran pemerintah,” jelasnya.
Asnawi, anak dari almarhum Robbani menyampaikan terima kasih atas santunan yang diberikan oleh BPJS Magelang. Amanah tersebut disampaikan Asnawi akan dijaga sebaik-baiknya.
“Bapak itu sosok yang tegas, disiplin dan sangat sayang terhadap keluarga. Bahkan beliau yang menjadi salah satu pelopor pembuat ojek (cilok) di Dusun Drojogan. Terima kasih atas santunan ini,” kata Asnawi saat menerima Santunan JKM.

Penulis: Kontributor Kab Mgl
Editor: WH/DiskominfoJtg

 

Berita Terkait