Kapal Angkutan Sembako Tenggelam di Karimunjawa, Pemkab Jepara Salurkan Bantuan

  • 20 Mar
  • yandip prov jateng
  • No Comments

JEPARA – Mendengar kabar adanya kapal milik warga yang hendak mengangkut sembako tenggelam di perairan Karimunjawa, Senin (18/3/2024), Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta langsung menyalurkan sejumlah bantuan untuk kru dan pemilik kapal, serta pemilik sembako. Bantuan diserahkan melalui Camat Karimunjawa Mu’adz, di kantor Sekretariat Karimunjawa, Kelurahan Pengkol, Jepara, Selasa (19/3/2024).

Bantuan yang diberikan berupa uang tunai Rp10 juta untuk kru dan pemilik kapal. Sementara, bagi pemilik sembako mendapat Rp5 juta. Bantuan bersumber dari Baznas Kabupaten Jepara. Selain itu, ada juga bantuan dari PMI Jepara.

“Dari PMI untuk pemilik kapal dan ABK Rp2,5 juta, dan pemilik sembako Rp1,5 juta. Semoga ini semua bisa meringankan kerugian yang dialami,” kata Edy.

Di samping menyerah bantuan, Pj Bupati Jepara berharap tak ada lagi kejadian serupa. Ke depan, dia minta agar kelaikan kapal dipastikan terlebih dahulu sebelum berlayar. Termasuk, dilengkapi dengan perlengkapan keselematan.

“Saya berharap kejadian semacam ini tidak terjadi lagi di kemudian hari,” tandasnya

Sebagai informasi, sebuah kapal berlabel Sumber Makmur milik warga yang hendak mengangkut 2 ton sembako dari Pelabuhan Jepara menuju ke Karimunjawa mengalami kebocoran. Insiden itu juga menyebabkan kerusakan pada bagian mesin. Akibatnya, kapal beserta seluruh muatannya tenggelam di 10 mil laut perairan Karimunjawa pada Senin (18/3/2024) lalu.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, akibat peristiwa kala itu, kerugian ditaksir mencapai Rp400 juta.

 

Penulis : DiskominfoJepara/Fzl
Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait