Shinta dan Jajaran Pengurus PKK Jateng Melangitkan Doa untuk Isriati Moenadi, Pencetus Gerakan PKK

  • 20 Mar
  • bidang ikp
  • No Comments

SEMARANG – Memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52, Tim Penggerak PKK Jawa Tengah berziarah ke makam Hj Isriati Moenadi, pencetus gerakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, yang sekarang menjadi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Jateng, Rabu (20/3/2024). Meski raganya telah beristirahat dipeluk bantala, namun semangatnya terus menyala bagi setiap kader PKK.

Rombongan ziarah dipimpin oleh Penjabat Ketua TP PKK Jawa Tengah, Shinta Nana Sudjana. Mengenakan pakaian hijau toska para peziarah yang terdiri dari para pengurus, khidmat melangitkan doa bagi mendiang Isriati.

“Ziarah ini sudah mendarah daging bagi kader PKK. Sebagai istri gubernur (Moenadi) kala itu mempunyai tanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat, dan berinisiasi membentuk PKK Jawa Tengah,” ujar Shinta, di makam Isriati yang berada satu kompleks dengan SD Isriati di Ungaran.

Dia menjelaskan, Perjuangan Isriati dimulai saat mulai mendampingi suaminya Moenadi, yang pada 1966 didapuk sebagai Gubernur Jawa Tengah. Di situ Isriati melihat kehidupan masyarakat pedesaan, terutama perempuan masih jauh dari kata sejahtera.

Bertolak dari itu, pada 1967 Isriati mulai mengoperasikan PKK di PLPM Kewanitaan, Salaman, Magelang. Saat itulah menjadi momen pembangunan perempuan di desa-desa, sebagai upaya modernisasi pedesaan.

Kemudian, pada Agustus 1967, Gubernur Jateng Moenadi membuat peraturan, agar Pusat Latihan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ada di setiap kotamadya dan kabupaten. Dari situ kemudian, kursus keterampilan PKK mulai merebak di seantero desa-desa Jateng pada 1969.

Karena prestasinya, Isriati dianugrahi “Paramahita Nugraha PKK” dari Mendagri Moh Yogie Suardi Memet karena jasanya memprakarsai, membina, mengembangkan dan melaksanakan PKK.

“Dengan ziarah ini, dapat menambah semangat ibu-ibu PKK yang aktif, dan ikut organisasi wanita, untuk memberi manfaat masyarakat dan menyejahterakan keluarga,” pungkas Shinta. (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Berita Terkait