Produktivitas bawang putih di Desa Kruwisan Temanggung Meningkat

  • 15 Mar
  • yandip prov jateng
  • No Comments

TEMANGGUNG – Produktivitas bawang putih di Desa Kruwisan, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung terus meningkat.
Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Prihasto Setyanto saat panen bawang putih di Desa Kruwisan, Kamis (14/3/2024).
“Dari data BPS yang ada, sebelumnya rata-rata produktivitas bawang putih di sini sekitar 5-6 tahun lalu 6,3 hingga 6,5 ton per hektare. Sekarang sudah naik produktivitasnya, sudah di 7,2 hingga 7,3 ton per hektare,” jelasnya.
Dikatakannya, Temanggung didorong untuk menjadi sentra pengembangan bawang putih.Secara historis, wilayah ini cocok untuk pengembangan tanaman tersebut.
Prihasto Setyanto mengatakan, ia melihat perubahan-perubahan yang sangat signifikan dari proses budidaya. Ia menilai pertumbuhan bawang putih di daerah tersebut bagus dan sehat.
“Yang dulu tanamannya kecil-kecil, sekarang besar-besar, subur dan buah bawang putihnya ukurannya besar,” ujarnya.
Menurutnya, tanaman bawang putih memiliki potensi yang cukup menjanjikan buat petani. Ke depan Kementan akan mengupayakan agar impor bawang putih dapat dikurangi secara perlahan-lahan.
“Hanya memang itu tadi, kita harus memiliki lokasi-lokasi yang cocok seperti di Temanggung. Ini harus kita identifikasi, di mana lokasinya dan harus kita didik petaninya supaya mau budidaya bawang putih. Karena budidaya bawang putih, insyaallah cukup menguntungkan,” tandasnya.

Penulis: Fir;Ekp
Editor: WH/DiskominfoJtg

Berita Terkait