Diresmikan, RSUD Samin Surosentiko Siap Layani Masyarakat Blora Selatan 

  • 06 Mar
  • yandip prov jateng
  • No Comments

BLORA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Samin Surosentiko Randublatung Blora diresmikan Bupati Blora Arief Rohman, Senin (4/3/2024). Keberadaan rumah sakit tipe D tersebut untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah pada hari ini kita bersama meresmikan dioperasionalkannya RSUD Samin Surosentiko Randublatung. Ini sebagai bentuk komitmen kita memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat,” ucap Arief, seusai peresmian di RSUD Samin Surosentiko Randublatung, Senin (4/3/2024).

Bupati menjelaskan, pemberian nama Samin Surosentiko untuk RSUD di wilayah Kecamatan Randublatung, karena Mbah Samin lahir di Desa Kediren, Randublatung.

“Kami juga sudah membahas bersama dengan Bapak Camat dan seluruh kades di Randublatung terkait nama ini,” jelasnya.

Dengan diresmikannya RSUD Samin Surosentiko ini, Bupati berharap bisa memperluas layanan pada masyarakat Randublatung dan sekitarnya. Sehingga, mereka tidak perlu jauh-jauh berobat ke Cepu atau Blora.

 

“Semoga akan memberikan manfaat untuk masyarakat yang ada di wilayah Blora selatan, juga masyarakat sekitar. Mungkin yang perbatasan Ngawi dan perbatasan Grobogan,” tambah Bupati.

Sementara, Direktur RSUD Samin Surosentiko Hartono mengungkapkan, beberapa pelayanan yang sudah tersedia yaitu pelayanan instalasi rawat jalan, rawat inap, instalasi gawat darurat (IGD), Instalasi Intensive Care Unit (ICU).

Ada juga pelayanan instalasi PICU/NICU, Instalasi Bedah Sentral (IBS), farmasi, gizi, pemulasaraan jenazah, laboratorium, radiologi, dan fisioterapi.

“Kami ada empat dokter spesialis pelayanan. Ada poli penyakit dalam, poli bedah, poli anak, dan poli observed,” terang Hartono.

Hartono menambahkan, sementara ini RSUD Samin Surosentiko telah memiliki 68 SDM tenaga kesehatan dan 51 tempat tidur. Namun sayangnya, RS tersebut belum bisa melayani pasien dengan BPJS.

“Sementara kami melayani pasien umum, belum bisa yang BPJS. Semoga rumah sakit ini bisa segera melayani dengan sistem BPJS,” tandasnya.

Usai pemotongan pita dan tumpeng, kemudian dilanjutkan peninjauan ruang-ruang rumah sakit seperti resepsionis, ICU, PICU, IGD, Ruang Radiologi dan ruang-ruang lainnya.

Penulis : Teguh Kominfo Blora
Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait