Perluas Peluang Usaha, Ratusan Warga Purbalingga Ikuti Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital

  • 27 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

PURBALINGGA – Sebanyak 74 orang warga Purbalingga mengikuti pelatihan dan sertifikasi menjadi Operator Komputer Madya, dalam kegiatan bertajuk Vocational School Graduate Academy (VSGA), di Laboratorium Komputer SMKN 1 Purbalingga, Senin (26/2/2024). Pelatihan tersebut merupakan hasil kerja sama Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Purbalingga dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Yogyakarta.

 

Kepala Bidang Informatika, Baryati, berharap pelatihan tersebut dapat meningkatkan kompetensi peserta, sehingga memperbesar peluang kerja mereka.

 

“Harapannya setelah mereka mengikuti pelatihan ini, tentunya mendapatkan kompetensi yang dapat digunakan pada saat melamar, atau mencari pekerjaan, atau membuka peluang kerja,” ungkapnya, saat ditemui di tempat pelatihan.

 

Di tempat yang sama, Person in Charge (PIC) kegiatan VSGA, Vieka, mengatakan pelatihan tersebut diselenggarakan sejak 26 Februari sampai dengan 1 Maret 2024. Skema yang digunakan adalah Operator Komputer Madya (OKM) dengan sasaran peserta lulusan sekolah vokasi dan kejuruan.

 

“Kami tujukan untuk para lulusan SMK, terutama yang belum bekerja. Proses belajar dan pembekalan peserta berlangsung selama tiga hari, dua hari selanjutnya adalah uji kompetensi yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi profesi,” katanya.

 

Para peserta yang dinyatakan kompeten, imbuhnya, akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikat dapat menjadi nilai tambah dalam portofolio para peserta saat melamar pekerjaan.

 

“Untuk sertifikat di era global ini bisa menjadi poin plus untuk bersaing di industri global, khususnya untuk industri IT,” lanjutnya.

 

Senada, salah satu peserta pelatihan, Yunita Sifa Fauzia, menyebutkan alasannya mengikuti pelatihan tersebut.

“Untuk mendapatkan sertifikasi dari BNSP, itu kan sertifikasi resmi nasional, nanti diharapkan kedepannya bisa untuk mempermudah saya mencari pekerjaan,” kata alumni SMKN 1 Purbalingga jurusan Administrasi Perkantoran tersebut.

 

Pelatihan UMKM

Di ruang Ardi Lawet kantor Setda Purbalingga, sebanyak 100 orang pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Purbalingga mengikuti kegiatan pelatihan pemanfaatan teknologi digital, dalam rangka peningkatan kompetensi dan peluang pemasaran produk mereka.

 

Pelatihan tersebut dikemas dalam kegiatan Digital Entrepreneurship Academy (DEA), kerja sama Dinkominfo Purbalingga dan BPSDMP Kominfo) Yogyakarta.

 

Perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Purbalingga (Dinkop UKM) Kabupaten Purbalingga, Basuki, berharap pelatihan tersebut juga bisa menghasilkan para anak-anak muda berbakat di bidang industri digital.

 

“Silakan bergabung bagi masyarakat Purbalingga yang berkenan mengikuti DEA Batch ke-2 yang akan diadakan pada bulan Maret mendatang. Informasi lebih detail bisa dicek melalui laman digitalent.kominfo.go.id,” pungkasnya.

 

Penulis: DHS/GIN, Kominfo Purbalingga
Editor: Tn, Diskominfo Jateng

Berita Terkait