Jaga Kebhinekaan, Badan Kesbangpol Sasar Pelajar

  • 22 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KENDAL – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kendal masuk ke sekolah untuk mengenalkan Pendidikan Politik dan Kewaspadaan Dini dalam Rangka Menjaga Kebhinekaan. Kegiatan berlangsung di Aula SMK Negeri 2 Kendal, Rabu (21/2/2024).

Kepala Badan Kesbangpol Kendal, Alfebian Yulando menyampaikan, kegiatan pendidikan politik tersebut untuk memberikan pemahaman politik dan mencegah paham radikal di lingkungan pendidikan yang ada di wilayah itu.

“Tujuan utamanya untuk memberikan penjelasan terkait dengan pendidikan politik dan kewaspadaan dini, dalam rangka menjaga kebhinekaan dalam membentuk karakter kebangsaan. Selain itu, juga untuk mencegah paham-paham ekstrem masuk dalam lingkungan pendidikan di Kabupaten Kendal, termasuk SMKN 2 Kendal,” tutur Alfebian.

Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki memberikan apresiasi kepada pemilih pemula atau pelajar, yang telah menyukseskan pelaksanaan Pemilu serentak 2024 dengan aman dan kondusif.

Menurutnya, pendidikan politik bagi pelajar sangat penting, mengingat pada tahun ini ada agenda pemilu serentak. Diharapkan, melalui kegiatan itu, para pelajar atau generasi muda dapat memahami dan mengetahui perkembangan politik dan hak-hak politiknya.

“Mari kita terus jaga kondusivitas wilayah di sekitar kita. Semoga aman, nyaman, dan damai berlanjut ke Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak, yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang,” ajak wabup.

Ditambahkan, sebagai warga Indonesia, mereka harus menyadari tentang kewaspadaan berbangsa dan bernegara. Windu mengingatkan, ancaman negara yang dihadapi saat ini tidak lagi bersifat fisik, ideologi dan politik saja. Namun telah menyeluruh pada semua aspek kehidupan, yang menyentuh ranah geografi, demografi, sumber kekayaan alam, ideologi, politik, ekonomi, budaya dan pertahanan.

“Pada tahun 2030 nanti, Indonesia akan memasuki masa puncak bonus demografi, di mana jumlah penduduk produktif akan lebih banyak diperkirakan mencapai 68%. Maka dari itu, kesempatan ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat menuju Indonesia emas 2045,” tuturnya.

Wabup berpesan, sebagai generasi muda penerus masa depan bangsa, para pelajar harus dapat mengetahui tantangan ke depan, dan mampu pengembangan kompetensi diri, baik dalam belajar literasi, dan belajar berbagai ilmu lainnya. Sehingga, nantinya dapat memiliki karakter atau akhlak yang kuat dalam menghadapi tantangan era society 5.0.

Kepala SMA Negeri 2 Kendal, Agus Basuki menyambut baik kegiatan pendidikan politik bagi para siswa SMK Negeri 2 Kendal, sehingga bisa menambah ilmu pengetahuan baru tentang politik.

“Kegiatan ini sangatlah bermanfaat, yang mana nantinya para siswa tidak mudah terpecah belah dengan informasi hoaks, dan tidak mudah ikut dalam paham-paham ekstrem. Selain itu, akan lebih memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.

Penulis : Diskominfo Kendal/HR
Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait