Sukseskan Pemilu 2024, Sukoharjo Optimalkan Tim Desk Pemilu

  • 08 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

 

SUKOHARJO – Desk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Kabupaten Sukoharjo, diharapkan dapat bertugas dengan optimal, membantu kelancaran penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Hal itu dikatakan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Desk Pemilu Tahun 2024, di Hotel Tosan Solo Baru, Kecamatan Grogol, Selasa (6/2/2024).

Menurutnya, pembentukan Tim Desk Pemilihan Umum Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden, serta Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024, merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah Kabupaten Sukoharjo.

“Urgensi pembentukan Desk Pemilu yaitu membantu kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang, dan kewajiban penyelenggaraan pemilu,” jelas bupati.

Ditambahkan, bantuan dan fasilitasi yang diberikan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Semua itu sebagai antisipasi terjadinya hal-hal yang akan menghambat proses pentahapan Pemilu Serentak Tahun 2024, dan menjadikan Pemilu Serentak Tahun 2024 berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Tentunya, serta menekan, mengurangi, dan mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran.

Etik menyampaikan, 2024 adalah tahun politik yang sangat penting. Sebab, ada dua pesta demokrasi yang digelar, yakni Pemilu yang memilih Presiden-Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten/ kota pada 14 Februari 2024, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan kepala daerah, baik gubernur maupun bupati pada 27 November 2024.

Bupati melanjutkan, gelaranl itu menjadi pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa dan negara, dengan melibatkan jumlah pemilih yang sangat besar. Suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 tidak hanya menjadi tanggung jawab dari penyelenggara pemilu saja, dalam hal ini Komisi Pemilihan umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama termasuk pemerintah dan juga masyarakat.

Penulis : KontributorSKH
Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait