KPU Kendal Targetkan Distribusi Logistik Pemilu Rampung 5 Hari

  • 08 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KENDAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal mulai mendistribusikan logistik di tingkat kecamatan. Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kendal, Kasanudin, saat ditemui di gudang logistik KPU Kendal, Asrama Haji Desa Langenharjo, Kecamatan Kendal, Rabu (7/2/2024).

Kasanudin menyampaikan, pendistribusian logistik Pemilu sudah dimulai sejak 6 Februari. Diperkirakan, pendistribusian rampung dalam waktu lima hari, hingga 10 Februari mendatang.

“Setelah selesai, pada tanggal 11 (Februari) akan didistribusikan ke desa maupun ke kelurahannya masing-masing, dan diteruskan tempat pemungutan suara (TPS),” tuturnya.

Dikatakan, logistik pemilu yang dikirim merupakan kebutuhan lengkap untuk Pemilu, seperti surat suara beserta kelengkapannya. Masing-masing sudah dikemas dalam kotak tertutup yang tersegel.

“Logistik Pemilu ada yang dikemas dalam kotak, seperti surat suara untuk Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten,” terang Kasanudin.

Dia menyampaikan, dalam pengiriman logistik pemilu, pihaknya bekerja sama dengan Kantor Pos menggunakan mobil box paket pos, dan dibantu pengamanan oleh Polri dan TNI. Dalam mengantisipasi musim hujan, pihak KPU Kendal telah berkoodinasi dengan masing-masing kecamatan, desa dan petugas TPS, untuk memastikan tempat penyimpanan logistik benar-benar aman, terutama di wilayah yang rawan banjir.

Sedangkan untuk pengawasan pengiriman logistik, imbuhnya, dilakukan secara melekat, melibatkan seluruh petugas pengawas, baik Panwascam, pengawas kelurahan dan desa, hingga Pengawas TPS. Pengawasan dilakukan dari gudang KPU ke kecamatan hingga ke desa dan TPS.

“Selain itu, kami juga mengawasi tempat penyimpanan harus benar-benar aman, baik dari banjir, tidak bocor, tidak lembab, dan bebas dari tikus,” tandas Kasanudin.

Penulis : Diskominfo/HR
Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait