Dikukuhkan, 7.824 Satlinmas Jepara Diminta Kuatkan Komitmen Wujudkan Pemilu Aman

  • 05 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

JEPARA – Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Kabupaten Jepara diminta menguatkan komitmen, mewujudkan seluruh rangkaian Pemilu 2024 yang aman, tertib, dan kondusif.

Hal tersebut ditegaskan Sekda Edy Sujatmiko, saat Pengukuhan 7.824 Anggota Satlinmas, di halaman Kantor Setda Jepara, Senin (5/2/2024). Ditambahkan, seluruh anggota itu akan berada di Bawah Kendali Operasi (BKO) Polres Jepara, untuk pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024.

“Pada intinya, Jepara siap mendukung kesuksesan Pemilu 2024,” ungkapnya, saat mewakili Penjabat Bupati Jepara memimpin kegiatan tersebut.

Menurut Sekda, dari seluruh anggota Linmas yang di-BKO-kan ke Polres Jepara, sebanyak 6.980 orang personel akan bertugas mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sedangkan 844 orang lainnya, bertugas di luar TPS, yakni Panitia Pemilihan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Satlinmas ini merupakan kepanjangan tangan pemerintah, yang berwenang untuk menjaga kondusivitas di wilayah masing-masing, baik desa maupun kelurahan,” kata dia.

Kepada anggota Satlinmas, Edy berpesan agar tugas itu dilaksanakan sebaik-baiknya. Mereka juga diminta menguatkan komitmen mewujudkan seluruh rangkaian Pemilu 2024 yang aman, tertib, dan kondusif.

“Jika menemui potensi konflik, jangan bertindak sendiri. Segera laporkan dan koordinasikan kepada pihak terkait, karena semua memiliki tugas dan kewenangan masing-masing,” tambahnya.

Anggota Satlinmas, Harun, mengaku senang bisa terlibat dalam pelaksanaan Pemilu nanti. Ia sudah sejak 1990 menjadi anggota Linmas di Desa Karanggondang.

“Semoga pemilu kali ini berjalan aman dan damai,” katanya.

Penulis : DiskominfoJepara/Dian
Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait