Bupati Dorong Promosi Geopark Kebumen Lewat Berbagai Media

  • 01 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KEBUMEN – Penyebarluasan informasi tentang Geopark Kebumen bisa dilakukan tidak hanya oleh pemerintah, tetapi juga oleh masyarakat. Salah satunya melalui artikel di media massa atau jurnal.

 

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, mengajak para pegiat literasi di wilayahnya untuk membantu mempromosikan Geopark Kebumen.

 

“Semakin banyak orang menulis tentang Geopark Kebumen maka semakin banyak pula orang yang akan mengenal apa itu Geopark Kebumen,” terang Bupati Arif, saat membuka Gebyar Literasi Geopark Kebumen yang diselenggarakan Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kebumen, di Pendopo Kabumian, Rabu (31/1/2024).

Menurutnya, berbagai tulisan mengenai Geopark Kebumen, di media massa atau jurnal, bisa menjadi sarana promosi yang menjangkau masyarakat luas.

 

“Promosi ini menjadi kunci bagaimana Geopark Kebumen bisa dikenal di semua lapisan masyarakat, bukan hanya Kebumen tapi juga masyarakat di luar Kebumen. Tanpa sistem manajemen informasi yang kuat, potensi dari Geopark Kebumen tidak ada nilainya,” bebernya.

 

Bupati Arif mendorong jajarannya untuk menyusun program pengembangan Geopark Kebumen, sebagai pendukung usulan Geopark Kebumen untuk menjadi bagian dari Unesco Global Geopark (UGGp).

 

“Ayo kita sama-sama berjuang menjadikan Geopark Kebumen masuk UGGp. Caranya bagaimana? Buat program, petakan potensi mana saja yang diangkat, kemudian kita kelola dengan baik, termasuk sarprasnya. Targetnya tentu saja tahun ini kita bisa masuk UGG. Jadi sebelum tim UGGp datang ke sini, harus benar-benar disiapkan,” jelasnya.

 

Sebagai informasi, Geopark Kebumen memiliki tiga geotrail yang menunjukkan kombinasi antara keragaman geologi, biologi dan budaya Pertama, geotrail berwarna hijau yang terletak di arah Karangsambung, dengan tema The Mother of Java. Kedua, geotrail warna kuning (Earth and Human Live). Ketiga, geotrail berwarna ungu di bagian selatan, terkait dengan kehangatan wisata (The Warm Of Paradise).

 

Geopark Kebumen bukan hanya sekadar tentang ilmu bebatuan di Karamgsambung, melainkan juga menyangkut budaya masyarakat beserta seluruh potensi wisatanya dari ujung timur, utara, selatan, dan barat kabupaten Kebumen.

 

Penulis: Tim Diskominfo Kebumen
Editor: Tn/Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait