Pemprov Jateng Gelontor Bantuan Rp145,3 Miliar untuk Kabupaten Brebes 

  • 25 Jan
  • bidang ikp
  • No Comments

BREBES – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus memedulikan pembangunan daerah, seperti di Kabupaten Brebes. Total bantuan yang digelontorkan mencapai Rp145,3 miliar.

“Bantuan kami ke Pemkab Brebes ada sekitar Rp145,3 miliar bantuan dari APBD,” kata Nana, saat silaturahmi dengan Forkopimda, OPD, camat, dan para kades, di Pendapa Kabupaten Brebes, Kamis (25/1/2024).

Ia merincikan, bantuan itu antara lain bantuan TMMD, penanggulangan masalah gizi terkait penanganan stunting, serta pembangunan SPAM di desa.

“Masalah air minum ketika menghadapi musim kemarau, sangat diperlukan (bantuan),” sambung Nana.

Dijelaskan, bantuan lainnya adalah biogester biogas, dan sambungan listrik rumah, mengingat masih banyak rumah yang belum mendapatkan aliran listrik. Untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan PLN, dan Pemkab Brebes, agar masyarakat yang belum mendapatkan bantuan listrik, memperoleh pelayanan listrik.

Kemudian, lanjut dia, bantuan ke Brebes adalah Kartu Jateng Sejahtera. Nana menuturkan, bantuan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Terakhir adalah bantuan rehab RTLH.

“Kita perbaiki dengan dana, setiap rumah mendapatkan bantuan Rp20 juta,” tuturnya.

Pada 2024, bantuan rehab RTLH di Jawa Tengah sebanyak 17.325 unit. Menurut Nana, bantuan RTLH itu tersebar di 35 kabupaten dan kota, termasuk Brebes.

Penjabat Bupati Brebes Iwanuddin, menyampaikan terima kasih atas perhatian dan bantuan dari Pemprov Jateng.

“Bantuan pemprov berguna untuk kesejahteraan masyarakat Brebes,” kata Iwan. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Berita Terkait