Awasi Jajanan Anak, SMKN 1 Temanggung Optimalkan Kader Keamanan Pangan

  • 17 Jan
  • yandip prov jateng
  • No Comments

TEMANGGUNG – Kader keamanan pangan diminta dapat mengedukasi satuan pendidikan dan masyarakat, tentang pentingnya keamanan pangan, khususnya pada jajanan anak-anak sekolah.

Hal tersebut dikatakan Pj Bupati Temanggung melalui Asisten III Setda bidang Administrasi Umum, Eko Suprapto, dalam sambutannya, pada Gelar Aksi Nyata dalam Program P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), di Gedung Serba Guna SMKN 1 Temanggung, Senin (15/1/2024).

“Saya berharap kader keamanan pangan yang ada di SMK Negeri 1 Temanggung ini terus aktif dalam melakukan edukasi kepada satuan-satuan pendidikan yang lain, dan mengedukasi kepada masyarakat. Ini yang perlu ditekankan, yakni mengedukasi kepada masyarakat. Jangan sampai sing penting payu, sing penting laris, tapi mengabaikan kesehatan anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa,” tekannya.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Temanggung, Tri Setya Budi menjelaskan, Gelar Aksi Nyata P5 ini juga merupakan implementasi keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS).

Dikatakan, sesuai Surat dari Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Semarang tanggal 20 Desember 2023, telah menunjuk SMKN 1 Temanggung sebagai peserta lomba PJAS tingkat Nasional Tahun 2024 mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Dia menyampaikan, tujuan diselenggarakan Gelar Aksi Nyata adalah diterapkannya enam dimensi karakter P5 pada diri peserta didik, serta pembiasaan peserta didik untuk peduli terhadap keamanan pangan sehari-hari, melalui kegiatan sosialisasi keamanan pangan. Selain itu, pembiasaan membawa bekal sehat, aman, dan terjaga setiap hari.

“Dari kegiatan ini diharapkan peserta didik mampu menjadi pribadi yang memiliki karakter P5. Mampu membiasakan berbagai kegiatan yang menjadikan raganya sehat dan pikiran yang jernih, sehingga bisa meraih masa depan sesuai yang diharapkan,” jelas Tri Setya Budi.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pemberian tablet tambah darah bagi siswi kelas X, dan susu bagi siswa kelas X yang diminum secara serentak.

Penulis: Nin;Svi;Ekp

Editor: WH/DiskominfoJtg

Berita Terkait