Miliki Gedung Baru, Puskesmas Sragen Kota Diharap Jadi Pilihan Pelayanan Kesehatan

  • 29 Dec
  • yandip prov jateng
  • No Comments

 

SRAGEN – Puskesmas Sragen Kota kini memiliki gedung baru. Dengan fasilitas yang lebih lengkap, diharapkan pelayanan kepada masyarakat dapat lebih meningkat.

Hal itu disampaikan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, saat Peresmian Gedung Puskesmas Baru Sragen Kota, Kamis (28/12/2023).

“Alhamdullilah, hari ini kita bisa meresmikan kembali beberapa pekerjaan di tahun 2023. Saat ini kita bisa menyaksikan Puskesmas Sragen yang sangat luar biasa. Semoga dengan gedung baru ini, nomor satu adalah pelayanan kepada masyarakat harus lebih ditingkatkan. Yang kedua adalah peningkatan kinerja para dokter dan tenaga kesehatan, agar semakin semangat pengabdian untuk masyarakat,” tegas bupati.

Yuni mengapresiasi atas pendampingan hukum dan pengawasan yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Sragen, dalam pengerjaan pembangunan gedung tersebut.

Dikatakannya, 25 Puskesmas yang tersebar di Sragen, memegang peranan penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan.

Meski demikian, ujar Yuni, dari 25 Puskesmas tersebut masih ada beberapa Puskesmas yang masih memerlukan perhatian khusus. Seperti, Puskesmas Tanon II yang belum dibangun, dan Puskesmas Masaran II yang belum representatif karena kebanjiran saat musim hujan.

“Ini menjadi PR bagi kedua Puskesmas, dan dIharap menjadi perhatian,” terang Yuni.

Kepala Dinas Kesehatan Sragen, Udayanti Proborini mengatakan, gedung baru Puskesmas Sragen Kota memiliki dua lantai pada lahan seluas 1.124 meter persegi.

Pembangunan gedung menghabiskan anggaran sebesar Rp4,948 miliar dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) bidang kesehatan tahun 2023. Pengerjaannya selama 180 hari mulai 23 Juni -19 Desember 2023.

“Harapan kami, Puskesmas ini bisa lebih representatif serta bisa lebih memotivasi para tenaga medis di Puskesmas Sragen, agar semakin memberikan pelayanan yang berkualitas, dan pelayanan yang telah sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, Puskesmas yang saat ini menghadap ke barat itu memiliki fasilitas UGD dan Poli Rawat Jalan di Lantai 1, seperti Poli Gigi, Poli Umum, dan Pelayanan KIA. Kemudian Lantai 2 adalah gedung perkantoran yang melayani administrasi dan aula.

“Dengan memiliki sejumlah fasilitas, kami harap Puskesmas ini menjadi salah satu pilihan pelayanan kesehatan yang baik untuk masyarakat. Kami masih ada sisa tanah di belakang. Kemungkinan jika ada anggaran BLUD atau lainnya, kita akan mengembangkan layanan lainnya di belakang,” pungkasnya.

Penulis : Mira/Yuli_DiskominfoSragen
Editor : WH/DiskominfoJtg

Berita Terkait