Puskesmas Pancur Juara I Transformasi Digital Mutu Layanan Kesehatan Tingkat Nasional

  • 06 Dec
  • yandip prov jateng
  • No Comments

REMBANG – Transformasi mutu layanan kesehatan berupa finger spot dan Elektronik Rekam Medik (ERM), yang telah diterapkan di Puskesmas Pancur sejak Juli 2023, berhasil meraih penghargaan Digital Transformation Award BPJS Kesehatan 2023.

Kepala Puskesmas Pancur dr Samsul Anwar mengaku sangat bersyukur, atas capaian yang didapat. Menurutnya, prestasi yang diraih tersebut berkat kerja keras seluruh jajaran Puskesmas Pancur.

Disampaikan, penggunaan finger spot BPJS baru diberlakukan di Puskesmas Pancur, sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Jawa Tengah waktu itu. Sedangkan untuk ERM, Puskesmas Pancur menjadi yang pertama se-Kabupaten Rembang.

Dengan ERM dan Finger Spot, lanjutnya, memiliki kelebihan untuk pengamanan data pasien dan masyarakat tidak akan kehilangan BPJS, karena otomatis sudah terekam dan bisa dimanfaatkan di mana-mana. Hingga, bisa melacak jenis dan riwayat penyakit pasien meskipun berobat di luar kota.

“Launching ERM dan finger spot juli kemarin sangat bermanfaat sekali. Kami bisa mengurangi penggunaan kertas atau paperless dan mengurangi antrian di puskesmas, yang artinya sangat membantu pasien,” terang Samsul, saat dihubungi, Selasa (5/12/2023).

Dari hasil penilaian, mulai Juli sampai awal November 2023, mereka berhasil unggul atas sejumlah Puskesmas di kota-kota besar.

“Dari regional Jawa Tengah kami yang mewakili, karena kami yang sudah ERM, finger spot dan i-care. Saat itu, kami bersaing dengan Solo dan yang lain. Alhamdulillah dapat juara I kemarin tingkat nasional, mengalahkan beberapa perwakilan provinsi lainnya,” ungkapnya.

Samsul menambahkan, penghargaan tersebut menjadi motivasi kuat bagi jajaran Puskesmas Pancur untuk terus meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Penulis: Mifta, Kominfo Rembang
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait