Dibantu Peralatan Produksi, Pengolah Abon Diminta Tingkatkan Produksi

  • 30 Nov
  • yandip prov jateng
  • No Comments

JEPARA – Kelompok pengolahan abon ikan Mulya Bhakti I Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, diminta meningkatkan kapasitas produksinya. Dengan begitu, mereka bisa berkontribusi lebih besar pada peningkatan perekonomian keluarga.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko, saat menyerahkan bantuan peralatan produksi kepada kelompok tersebut dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, di ruang kerjanya, Rabu (29/11/2023).

“Kualitas produksinya ditingkatkan dan harus dijaga. Selain itu, packaging-nya juga dibuat sebagus mungkin, agar menarik minat pembeli. Kapan-kapan saya ke sana (Bondo) melihat produksinya,” kata Edy

Dia berharap, usaha yang telah berjalan benar-benar ditekuni, sekaligus sebagai upaya peningkatan nilai hasil perikanan tersebut.

Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Jepara Farikhah Elida mengatakan, Mulya Bhakti I adalah kelompok pengolah dan pemasaran yang memproduksi abon ikan, berbahan baku ikan tongkol. Bantuan yang diberikan terdiri dari food processor, hand sealer, keranjang plastik, satu set kompor dua tungku, spinner, tabung gas, dan timbangan digital.

Ketua kelompok Mulya Bhakti I Desa Bondo Yunaning mengatakan, bantuan yang diterima dapat memotivasinya berproduksi lebih kontinu. Selama ini produksi yang dilakukan pasang surut, mengikuti hasil tangkapan nelayan setempat dan serapan pasar ikan segar. Saat harga ikan cenderung tinggi, kelompok memilih berhenti produksi.

“Saat berproduksi, jumlah produk abon yang kami hasilkan bisa mencapai 30 kilogram. Per kemasan 100 gram kami jual Rp20 ribu,” katanya.

Disampaikan, pemasaran dilakukan secara online dan berdasarkan pesanan dari beberapa lembaga dan desa di sekitar Jepara.

Penulis: Kontributor Kab Jepara
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait