Kanal Sambat LaporGub Jateng Unjuk Gigi di Festival Media Digital Pemerintah KPK RI

  • 29 Nov
  • bidang ikp
  • No Comments

YOGYAKARTA – Menjelang Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 9 Desember, KPK RI menggelar Festival Media Digital Pemerintah (FMDP) 2023, Rabu (29/11/2023)-Kamis (30/11/2023). Dalam ajang itu, Diskominfo Jawa Tengah turut ambil bagian dengan inovasi digital LaporGub, yang memudahkan pelaporan layanan publik.

Sekjen KPK RI Cahya Harefa mengatakan, platform digital harus dimanfaatkan pemerintah daerah, sebagai jembatan komunikasi masyarakat. Namun demikian, pemanfaatannya harus mengedepankan etika dan norma.

“Melalui FMDP kita dorong good governance. Harapannya ini berlangsung di semua sektor terkait transparansi. Ajang ini juga sesuai dengan visi KPK bersama seluruh elemen masyarakat, untuk menurunkan tingkat korupsi,” tuturnya.

Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Hasyim Gautama mengatakan, Indonesia berada di urutan ke-4 pengguna internet di dunia. Sebanyak 212 juta pengguna atau 77 persen penduduk Indonesia, telah berinteraksi di dunia maya.

“Penggunaan media digital memudahkan laporan masyarakat dan bisa direspon dengan cepat,” ujarnya.

Dalam ajang FMDP 2023, Diskominfo Jateng menampilkan aplikasi LaporGub. Pranata Komputer Ahli Muda, Gatot Widodo menyampaikan, sistem sambat digital tersebut kini dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelegent (AI).

Ditambahkan, berdasarkan data Government Resources Management System (GRMS) Jateng mencatat, sejak 2014 hingga Juli 2023, LaporGub, telah menerima sebanyak 126.289 aduan. Laporan itu lantas ditelusuri dan direspon untuk kemudian diberikan solusi.

Selain LaporGub, kata Gatot, pada ajang itu Diskominfo Jateng juga mengajak peserta bermain scavenger hunt dan kuis antikorupsi. Cukup scan tautan yang disediakan, peserta FMDP bisa berkesempatan memperoleh suvenir.

Tak pelak, stan milik Diskominfo Jateng ramai dikunjungi peserta FMDP 2023. Seperti Tiara, peserta FMDP asal Bantul ini mendapatkan suvenir berupa dompet cantik.

“Seru banget tadi ada permainan lewat tik tok komplet. Ini dapat suvenir,” tuturnya. (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Berita Terkait