Gelar Karya Siswa Rembang, Ajang “Sharing” Ilmu Antarsekolah

  • 11 Oct
  • yandip prov jateng
  • No Comments

REMBANG – Berbagai karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dari siswa SMP se-Kabupaten Rembang, dipamerkan di Gedung Balai Kartini, Selasa (10/10/2023). Seperti, kerajinan dan produk kuliner karya para siswa.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Rembang, Ngadiyono mengungkapkan, pada tahun pertama pelaksanaan kurikulum merdeka, hasil karya P5 siswa hanya dipamerkan di masing-masing sekolah. Sehingga, karya tersebut hanya bisa dilihat di lingkup sekolah setempat.

Kemudian di tahun kedua, lanjutnya, pihaknya sepakat, untuk menggelar pentas karya SMP se-Kabupaten. Harapannya, bisa menjadi wadah dan ajang kolaborasi antarguru dan siswa untuk memamerkan hasil karyanya.

Menurutnya, dengan digelarnya pentas karya tersebut, juga bisa menjadi media untuk sharing ilmu antarsekolah, dalam mengembangkan karya P5. Manfaatnya, lebih maksimal untuk siswa dan memajukan sekolah di Kabupaten Rembang.

“Untuk itu, di sini kami mewadahi bagaimana ada kolaborasi antarsekolah. Misalkan, sekolah dari satu kecamatan menampilkan dua hingga stan. Kemudian kolaborasi antarguru, misalkan SMP A dan SMP B punya konsep masing-masing, kemudian dikolaborasikan jadi satu,” terangnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Rembang Mardi menyampaikan, gelar karya P5 juga bisa memahamkan masyarakat, jika sekolah juga bisa mengembangkan bakat siswa, misalnya tentang seni. Hal itu sekaligus menjadi bukti, pembelajaran yang didapat siswa tidak melulu tentang teori atau akademik.

“Ini menunjukan, bahwa kita belajar itu ada hasilnya. Kalau belajar hasilnya hanya pengetahuan itu belum bisa lihat. Misalnya, pembelajaran yang sifatnya kognitif, anak ini bisa melakukan apa kan tidak terlihat. Tapi ketika diimplementasikan dalam bentuk karya, kemampuan anak bisa terlihat. Seperti, bisa membatik dan lainnya,” ujarnya.

Mardi berharap, pentas karya P5 juga bisa digelar di tingkat SD dan SMA, agar juga bisa dipertontonkan kepada masyarakat.

Penulis: MIfta, Kominfo Rembang
Editor: Di/Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait