Penilaian Dimulai, Jepara Optimistis Amankan Adipura Kencana

  • 10 Oct
  • yandip prov jateng
  • No Comments

JEPARA – Sebanyak 47 titik penilain Adipura Kencana di Kabupaten Jepara telah siap.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, saat melakukan monitoring penilaian Adipura, di alun-alun setempat, Senin (9/10/2023). Dirinya optimistis mampu kembali mengamankan Adipura Kencana tahun ini.

“Kita sudah persiapkan semuanya. Insyaallah, kita mampu meraih kembali Adipura Kencana,” ujar Edy.

Disampaikan, sebelumnya sejak Sabtu (7/10/2023), dirinya sudah berkeliling bersama pimpinan perangkat daerah meninjau sejumlah lokasi penilaian Adipura tahun ini. Antara lain, Shopping Center Jepara (SCJ), Kawasan Kali Wiso, PKU Aisyiyah, RW 1 Pungkuran, yang masuk di Kelurahan Panggang titik pantau kawasan permukiman, jembatan kanal, pelabuhan dan objek wisata Pantai Kartini, hingga tempat pengelolaan sampah (TPA) di Bandengan.

“Kita komitmen, Jepara bersih di tahun 2023, serta bisa mempertahankan Adipura Kencana,” tegasnya.

Edy menjelaskan, penilaian Adipura sudah dimulai Minggu (8/10/2023). Berbagai upaya dilakukan, agar Kabupaten Jepara bisa mempertahankan Adipura Kencana yang diraih tahun lalu.

Untuk itu, dirinya meminta dukungan dan kerja sama dari semua pihak, mulai dari perangkat daerah, pihak swasta, maupun masyarakat, untuk bergotong royong nyengkuyung penilaian Adipura ini.

“Masyarakat dan pemerintah harus bersama-sama mendukung, agar Jepara tetap bersih. Masyarakat harus membiasakan menjaga kebersihan, termasuk memilah sampah, mulai dari rumahnya masing-masing. Jadi yang organik dan anorganik dikelompokkan sesuai jenisnya,” jelasnya

Sebagai informasi, pemkab Jepara berhasil meraih Adipura sudah sebanyak 16 kali. Dari jumlah itu, 15 kalinya diraih secara berturut-turut tiap tahun. Terakhir, mendapat Adipura Kencana pada 28 Februari 2023 lalu.

Penulis: Kontributor Kab Jepara
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait