Peringati Maulid Nabi Muhammad, Pj Gubernur Jateng : Jaga Integritas Teladani Sifat Rasulullah

  • 20 Sep
  • bidang ikp
  • No Comments

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Grhadika Bhakti Praja, Rabu (20/9/2023). Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana, mengajak jajarannya untuk menauladani sikap nabi akhir zaman, dengan menerapkan integritas sebagai abdi negara.

Nana mengatakan, empat sikap Nabi Muhammad, yakni sidik, amanah, tabligh dan fatonah, adalah dasar yang harus diteladani seluruh muslim. Ajakan ini ia sampaikan di depan 750 undangan, yang berasal dari jajaran Forkopimda dan staf Pemprov Jateng.

“Sebagai umat Islam kita harus meneladani sikap sidik atau jujur, amanah dapat dipercaya, tablig menyampaikan dan fatonah yang berarti cerdas. Ini sifat nabi yang harus kita ikuti dan teladani. Berkiblat dari yang dicontohkan, saya ajak kita semua untuk jadi contoh bagi masyarakat,” ujarnya, di depan hadirin.

Dengan pengamalan nilai tersebut, ia mengajak untuk mengembangkan sikap toleransi di tengah negara yang memiliki keberagaman. Hal ini menurut Nana penting untuk mengembangkan spirit kebersamaan, keguyuban, gotong royong dalam masyarakat di Jateng, dan Indonesia agar tetap aman dan damai.

Menurut Nana, guyub dan gotong royong menjadi faktor penting untuk menghadapi berbagai macam tantangan sebagai bangsa. Ia menyebut, bangsa Indonesia pernah diuji dengan pandemi Covid-19 dan lulus.

“Apalagi ke depan, kita menghadapi agenda Pemilu dan Pilkada, termasuk di Jateng, kita harapkan kita mampu kawal, menjaga (kondusivitas) pelaksanaan Pemilu,” urainya.

Modal tersebut, kata Nana, diharapkan juga menjadi obor semangat menghadapi permasalahan inflasi, kekeringan, dan stunting.

Hal tersebut diamini pendakwah asal Kota Gudeg Ustad Wijayanto. Menurutnya, integritas atau perilaku jujur banyak membawa keuntungan.

Dalam hadis HR Bukhari dijelaskan, Nabi Muhammad menyebut kejujuran membawa kebaikan. Dari kebaikan itulah dapat membawa seseorang umat ke surga. (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Berita Terkait