Seleksi CASN 2023 Dimulai September, Pemprov Jateng Dapat Kuota 2.200 PPPK

  • 13 Sep
  • bidang ikp
  • No Comments

SEMARANG – Medio September 2023, seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) dimulai. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendapatkan kuota sebanyak 2.200 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hal itu dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng Rahmah Nur Hayati, Rabu (13/9/2023). Menurutnya, pada seleksi CASN 2023, Pemprov Jateng tidak mendapat kuota untuk CPNS.

“Pada pengadaan CASN 2023 ini, pemprov Jawa tengah hanya memperoleh alokasi formasi PPPK” ujarnya, dihubungi via telepon, Rabu (13/9/2023).

Rahmah menjelaskan, dari 2.200 kuota PPPK, sebagian besar untuk guru, kemudian tenaga teknis, dan tenaga kesehatan. Rinciannya, PPPK guru sebanyak 1.500, PPPK, teknis 421 PPPK, dan nakes sejumlah 279 PPPK.

Terkait tanggal pelaksanaan, dia menyebut mulai 17 September 2023 sampai 6 Oktober 2023. Hal itu sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), jika tidak ada perubahan.

Oleh karena itu, dia berharap agar para peminat untuk mempersiapkan diri dan memantau media sosial, serta jalur komunikasi resmi. Pendaftaran seluruhnya dilakukan secara online pada laman www.sscasn.BKN.go.id.

Disampaikan, untuk kanal aduan bisa melalui chat WhatsApp Resmi BKD Jateng 08112777346, media sosial resmi BKD Provinsi Jawa Tengah, serta telegram https://t.me/PPPKJTG21.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk tidak percaya kepada calo penerimaan ASN. Kami mengimbau agar seluruh pendaftar mewaspadai dan tidak mempercayai oknum yang mengatasnamakan pemerintah, mengaku panitia, mengaku pegawai BKD atau sebagainya, dengan menjanjikan kelulusan sebagai ASN,” tegas Rahmah.

Dia menambahkan, nantinya skor kelulusan dapat dilihat langsung pada YouTube. Oleh karenanya Rahmah mengimbau, agar tidak memercayai oknum yang mengaku dapat meloloskan dalam seleksi tersebut.

Rahmah berharap, dengan seleksi PPPK dapat melakukan percepatan dan perbaikan pelayanan, utamanya di sektor pendidikan dan kesehatan, mengingat penerimaan ASN pada tahun ini paling banyak dari dua sektor tersebut. Selain itu, dengan adanya penerimaan ASN, diharapkan jumlah pegawai tetap ideal, sehingga kinerja yg selama ini telah dicapai, tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Perlu diketahui, jumlah pegawai di Pemprov Jateng hingga 1 Agustus 2023 adalah 48.985 orang.

“Jumlah kondisi ideal kebutuhan pegawai untuk Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sesuai penghitungan Analisis Jabatan dan ABK adalah perlu ada tambahan 20 persen, dari kondisi eksisting pegawai saat ini yaitu 48.985 orang pegawai (per 1 Agustus 2023). Perkiraan ideal adalah 60.000. Saat ini telah terpenuhi dari tenaga non-ASN,” pungkas Rahmah. (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Berita Terkait