Tekan Angka Pengangguran, Pemkab Jepara Gelar Pelatihan “Soft Skill”

  • 08 Sep
  • yandip prov jateng
  • No Comments

JEPARA – Untuk mengembangkan usaha demi terbukanya lapangan kerja baru, Pemerintah Kabupaten Jepara menggelar pelatihan soft skill bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Sehingga, diharapkan juga dapat menekan angka pengangguran di Kabupaten Jepara.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Jepara Samiaji mengatakan, peserta pelatihan adalah pelaku UKM yang sebelumnya mendapat pelatihan teknis berusaha, lalu berhasil mengembangkan usaha yang ditekuni.

“Ada yang sudah mempekerjakan karyawan, mulai dari dua orang pekerja. Dengan soft skill ini, kami harap usahanya makin berkembang, sehingga dapat merekrut tenaga kerja baru,” tandas Samiaji, Rabu (6/9/2023).

Senada, Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pelatihan tersebut. Dia berharap, para peserta dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar, sehingga tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Jepara dapat semakin, setelah tercatat di angka 4,23 persen pada 2021 dan turun ke 4,1 persen pada 2022.

Pada kesempatan itu, sejumlah tips dalam mengembangkan usaha juga disampaikan Edy. Yakni, pemanfaatan media pemasaran secara daring, mengelola spesifikasi produk sebagai kekuatan berkompetisi, pilihan pengemasan, hingga strategi promosi dan pengenalan produk.

Sebagai informasi, pelatihan digelar di Restoran Maribu selama tiga hari, mulai Selasa (5/9/2023) hingga Kamis (7/9/2023).

Penulis: Kontributor Kab Jepara
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait