Resmikan SMK Berjurusan Energi Baru Terbarukan di Banjarnegara, Ganjar : Semoga Bisa Menjemput Masa Depan

  • 26 Jul
  • bidang ikp
  • No Comments

BANJARNEGARA – Gubernur Jawa Tengah meresmikan SMKN 1 Pegentan, Kabupaten Banjarnegara, Selasa (25/7/2023). Sekolah tersebut memiliki dua jurusan, yakni energi baru terbarukan dan kelistrikan.

Keberadaan sekolah kejuruan baru tersebut selain menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul, juga menjadin solusi akses pendidikan di daerah setempat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, dirinya senang dan mengapresiasi pendirian SMKM 1 Pagentan, yang di dalamnya ada jurusan energi baru terbarukan.

“Saya senang sekali ini jurusannya adalah energi baru terbarukan. Mudah-mudahan ini akan bisa menjemput masa depan, ketika kita ingin mendorong teknologi baterai,” ujarnya.

Ke depan, imbuh Ganjar, lulusan SMKN 1 Pagentan diharapkan mampu menjadi tenaga kerja penyuplai baterai mobil dengan sistem electric vehicle.

“Sehingga sistem angkutan kita, mobil dengan electric vehicle ini suplai tenaga kerjanya disiapkan dari sekarang. Maka anak-anak ini kita siapkan, agar nanti bisa mengisi industri itu,” lanjutnya.

Ganjar menambahkan, bertambahnya gedung sekolah mampu menjawab persoalan penerimaan peserta didik baru. Baik jumlah kuota maupun sistem zonasi.

“Ketika kemarin PPDB kita melihat masih banyak sekali sekolah-sekolah yang tidak bisa menampung, maka kita mencoba menghitung kembali daerah-daerah remote area yang membutuhkan sekolah,” ungkapnya.

Gubernur Jawa Tengah dua periode itu pun berkomitmen untuk terus memperbanyak sekolah kejuruan, guna menyiapkan tenaga terampil. Ini sebagai upaya hilirisasi yang sedang dikerjakan oleh pemerintah Indonesia.

“Coba kita sambut dengan SDM yang unggul, terampil, dan itu adalah sekolah vokasi seperti ini,” tandasnya. (Wk/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Berita Terkait