Bikin Bangga, Fesyen Kreasi UKM Jateng Menang Kompetisi Seragam Hotel Jejaring Internasional

  • 16 Jun
  • bidang ikp
  • No Comments

SEMARANG – Mengusung tema Legenda Baru Klinting, fesyen karya UKM Jateng menangi kompetisi seragam pegawai Hotel Ibis Style Semarang, yang berjejaring dengan Accor group Internasional. Prestasi itu diapresiasi Ketua Dekranasda Jateng Atikoh Ganjar Pranowo.
Adalah Batik Warna Alam Si Putri, yang beralamat di Dusun Watusari, Kelurahan Pakintelan, Gunungpati yang memenangi kompetisi itu. Putri, pemilik UKM ini memadupadankan warna kuning, dan pola sisik Naga Baru Klinting.
Meskipun terletak di pedusunan yang jauh dari pusat kota, Putri mengaku fesyen buatannya kerapkali dipesan ke luar negeri. Standar inilah yang kemudian diterapkannya untuk mengikuti kompetisi tersebut.
“Perlu waktu sebulan untuk mendesain dan menyelesaikannya. Kami mengambil filosofi sisik baru klinting,” ujarnya, Kamis (15/6/2023).
Pada kesempatan itu, Batik Si Putri mengalahkan 27 peserta lain yang ikut kompetisi. Adapun, pada babak final, hanya empat UKM yang didapuk memamerkan karya, termasuk UKM milik Putri.
Ketua Dekranasda Jateng Atikoh Ganjar Pranowo mengapresiasi kompetisi yang dilakukan oleh jaringan Accor Group itu. Menurutnya, kreasi UKM Jawa Tengah memiliki kualitas yang tak kalah dengan desainer kondang di kota-kota besar.
Ia berharap, kompetisi seperti itu diperbanyak agar para UKM semangat berkarya.
‘Ini peluang luar biasa dari sisi kompetisi. Yang kedua harapannya bisa menjadi inspirasi bagi pelaku industri yang lain, terutama di perhotelan, karena banyak yang bisa dikerjasamakan dengan UMKM di Jateng,” urainya.
Atikoh berharap, dengan kemenangan ini UKM tetap menjaga kualitas dan kontinuitas produk. Mengingat, hal itu akan menimbulkan kepercayaan dari para konsumen, termasuk pengusaha skala internasional.
Senior Vice President Operation and Government Relations Indonesia and Malaysia, Adi Satriya mengatakan, pihaknya membuka lebar pintu kerja sama dengan para UKM di Jateng. Tidak hanya di Hotel Ibis Style Semarang, tapi juga jejaring hotel yang ada di Indonesia.
“Sangat terbuka untuk produk makanan, guest aminities, dan akan juga terus digunakan di hotel kami. Kami mengoperasikan total 5.600 hotel seantero dunia di 110 negara. Di Indonesia kami mengelola 130 hotel. Seragam ini menjadi identitas penting bagi karyawan kami,” ucapnya.
Selain Batik Warna Alam Si Putri, ada tiga UKM lain yang berhasil masuk final kompetisi itu. Mereka adalah Batik Maryam, Batik Muria, dan Batik Rayhan Roemit. (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

Berita Terkait