Remaja Diminta Jadi Pelopor Kebiasaan Hidup Bersih dan Sehat

  • 24 Nov
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KUDUS – Ketua TP PKK Kabupaten Kudus Mawar Hartopo terus mengingatkan pentingnya kebersihan tangan. Sehingga, masyarakat terbiasa hidup sehat.

Hal itu disampaikannya pada Pekan Lingkungan Hidup dan Kesehatan (Pelita 2022), di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus, Rabu (23/11/2011). Menurutnya, tingkat kesadaran masyarakat untuk mencuci tangan memakai sabun, masih tergolong rendah. Padahal, kebiasaan sederhana ini sangat efektif untuk mencegah penularan virus dan penyakit.

“Kita sudah belajar dari pandemi, kalau cuci tangan pakai sabun bisa mencegah penularan berbagai virus dan penyakit. Ayo  kita teruskan kebiasaan sehat ini,” ajak Mawar.

Disampaikan, melalui gerakan cuci tangan yang dikemas dengan senam, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman remaja, tentang cara mencuci tangan yang benar. Untuk itu, Mawar meminta, kebiasaan mencuci tangan dapat ditularkan di lingkungan keluarga. Remaja pun mampu menjadi pelopor kebiasaan hidup bersih dan sehat di rumah.

“Berharap dengan diadakannya kegiatan ini, nantinya masyarakat bisa mulai mengubah perilaku sederhana dengan mencuci tangan memakai sabun, baik sebelum dan setelah beraktivitas,” pesannya.

Mawar sependapat dengan tema pada kegiatan tersebut, yakni, together we back to nature for the future, yang tidak hanya mengajarkan tentang kesehatan diri, tetapi juga kebersihan lingkungan. Sebab, dengan menjaga kelestarian lingkungan, maka akan tercipta pula masa depan yang lebih baik.

“Kenikmatan yang sudah diberikan oleh Tuhan, maka harus kita jaga untuk anak cucu kita nanti. Mari menjaga kebersihan, demi kelestarian lingkungan kita,” tuturnya.

Kepala SMK PGRI 1 Mejobo, Bambang Sugiarto menjelaskan, Pekan Lingkungan Hidup dan Kesehatan dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran untuk hidup sehat bagi siswa. Kebersihan tak hanya diterapkan sebatas lingkungan sekolah, namun juga di lingkungan sekitar rumah masing-masing.

“Besar harapan kami, kegiatan membawa perubahan yang baik, pemerintah desa bisa berjalan dengan baik dan bermanfaat,” tandasnya.

Penulis: Kontributor Kab Kudus
Editor: Di/Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait