Menhub Dorong Penerbangan di Bandara Ngloram Dibuka Kembali Tiga Kali Seminggu

  • 30 Sep
  • yandip prov jateng
  • No Comments

JAKARTA – Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mendorong penerbangan komersial di Bandara Ngloram kembali dibuka. Bahkan, Menhub meminta agar maskapai penerbangan tersebut bisa membuka penerbangan tiga kali dalam seminggu.

“Memang kemarin penerbangan sempat terhenti karena Bandara Halim Perdanakusuma sedang direnovasi. Saat ini, seiring dengan selesainya renovasi, kami minta penerbangan dari dan menuju Ngloram, via Halim Perdanakusuma bisa dibuka kembali. Tiga kali seminggu ya, sepakat?” tegas Menhub, saat memimpin rapat koordinasi dengan Dirjen Perhubungan Udara, Staf Khusus Menteri, para bupati dan stakeholder kawasan Blora, Bojonegoro, Rembang, Tuban, dan Grobogan, di kantornya, Kamis (29/9/2022).

Untuk itu, lanjut Menhub, pihaknya meminta agar pemerintah daerah sekitar Bandara Ngloram bisa saling mendukung untuk terselenggaranya penerbangan di Bandara Ngloram.

Menanggapi arahan dari Menhub, Bupati Blora Arief Rohman menyatakan, siap mendukung pembukaan kembali penerbangan dari dan ke Bandara Ngloram.

“Pada prinsipnya, kita siap mendukung pembukaan kembali penerbangan di Ngloram. Sesuai tugas dari Pak Menhub, yakni tiga kali seminggu. Kita usulkan Senin pagi, Rabu pagi, dan Jumat sore di setiap minggunya,” ucap bupati.

Namun, bupati berharap, pihak maskapai penerbangan Citilink dan Wings Air bisa ikut berkomitmen membuka penerbangan, dengan dukungan harga tiket yang terjangkau.

“Semoga nanti tiketnya juga terjangkau, tidak terlalu mahal. Jika satu juta (rupiah) lebih, misalnya Rp1,4 juta atau Rp1,6 Juta, maka banyak calon penumpang yang lebih memilih kereta api. Namun, jika bisa satu juta (rupiah) atau kurang, maka pasar akan tumbuh positif. Semoga ada kesepakatan harga yang kompetitif,” harapnya.

Untuk waktu dibukanya penerbangan tersebut, bupati menjelaskan, pihaknya masih menunggu tahapan penyiapan izin pembukaan penerbangan dan lainnya.

“Kita inginnya secepatnya ya, tapi ya tetap harus melalui proses sesuai aturan penerbangan. Semoga saja semuanya lancar,” imbuhnya.

Penulis: Tim Liputan Prokompim Blora
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait