Hadiri Anugerah Pariwisata Jateng 2022, Gus Yasin: Pariwisata Paling Cepat Pulih dari Hantaman Covid-19

  • 24 Sep
  • bidang ikp
  • No Comments

MAGELANG – Sebanyak 20 penghargaan Anugerah Pariwisata Jawa Tengah 2022, diberikan kepada tokoh dan pemerintah kabupaten/kota di provinsi ini. Anugerah yang diberikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng ini, diharapkan dapat menggenjot semangat pengembangan wisata yang inovatif, dan mampu menggeliatkan sektor ekonomi kerakyatan.
Acara tersebut diselenggarakan di Pelataran Panca Arga, Ketep Pass, Sawangan, Kabupaten Magelang, Jumat (23/9/2022) malam. Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Ketua PWI Jateng Amir Machmud, kepala daerah penerima penghargaan, serta pelaku wisata.
Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen mengatakan, sektor pariwisata paling terdampak pandemi Covid-19. Namun, seiring meredanya wabah, wisata justru sektor yang pulih paling cepat.
“Target (kunjungan wisatawan) kita sekitar 11 jutaan (orang), tapi saat ini untuk wisman (wisatawan mancanegara) dan wisnus (wisatawan nusantara) sudah mencapai 13 juta (orang) wisatawan. Untuk wisatawan mancanegara dari target 600-an (orang), ternyata sudah mencapai (sekitar) 5.000 wisman. Ini artinya, gaung dari teman-teman pariwisata bagus,” bebernya.
Gus Yasin, sapaan wagub, mengapresiasi PWI Jateng yang memberikan penganugerahan untuk insan pariwisata. Menurutnya, upaya itu adalah bentuk dukungan bagi kepala daerah maupun pelaku wisata, di daerah masing-masing.
“Para penerima penghargaan berasal.dari jarak wilayah yang tidak jauh (berdekatan). Untuk itu ayo komunikasi dan promosi bareng, sehingga wisatawan berkehendak untuk long stay. Dampaknya bukan hanya tempat wisata,  tapi juga masyarakat sekitar,” ucapnya.
Ketua PWI Jateng Amir Machmud mengatakan anugerah diberikan kepada pemerintah kabupaten/ kota dan pelaku wisata. Total 20 titel diberikan pada mereka yang dianggap memiliki inovasi terbaik pariwisata, saat dan setelah pandemi Covid-19.
Mereka adalah, Bupati Semarang Ngesti Nugraha, Bupati Klaten Sri Mulyani, Bupati Magelang Zaenal Arifin, Bupati Wonosobo Afif Nur Hidayat, Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. Mereka didapuk sebagai pemimpin daerah yang mampu memimpin wilayah, dan menginovasi  pengembangan sektor pariwisata.
Selain itu, ada Direktur Ketep Pas Mul Budi Santoso, Pengelola Desa Bahasa Taman Kelinci Mr Hani Sutrisno, dan GM Hotel Mesastila Sugeng Sugiantoro, serta SvargaBumi (Inovasi Wisata Sawah Terbaik) Borobudur.
Adapula Presiden Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat,  pemilik Identix Batik Irma Susanti, pengelola wisata Saloka Theme Park, Dusun Semilir, Candi Joglo, PPSDM Cepu, Desa Wisata Lembah Asri Serang Purbalingga, TWC Borobudur, Ratu Boko dan Prambanan, Jurug Solo Zoo, dan pebisnis hotel Angkasa Wijaya. (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

Berita Terkait