Bupati Kudus Siap Dampingi Pengembangan Penelitian Krenova

  • 12 Aug
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KUDUS – Inovasi cemerlang dari pelajar dan masyarakat pemenang lomba kreasi dan inovasi (Krenova) tingkat Kabupaten Kudus patut diacungi jempol.

Hal itu disampaikan Bupati Kudus Hartopo usai menyaksikan paparan juara lomba Krenova tersebut di Command Center, Kamis (11/8/2022). Menurutnya, hasil penelitian tersebut dapat diaplikasikan oleh masyarakat luas, walaupun masih perlu dikembangkan lebih jauh.

“Luar biasa, ternyata masyarakat Kabupaten Kudus punya bakat terpendam. Bagus-bagus hasil penelitiannya,” ungkapnya.

Dia mencontohkan, hasil penelitian pemenang pertama kategori umum, yang menciptakan smart inkubator pengering ikan asin. Hartopo meminta peneliti terus meningkatkan kualitas smart inkubator, sehingga aplikatif untuk digunakan pelaku UMKM.

“Coba untuk menambah daya, biar waktu pengeringan ikan asin lebih cepat dan efisien,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Hartopo meminta, para pemenang terus berkoordinasi bersama dinas terkait. Pihaknya siap mendampingi studi banding dan penelitian lanjutan. Selain lebih aplikatif, produk penelitian bisa berpotensi menjuarai tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Harus koordinasi terus dengan kami, kalau butuh pendampingan langsung beritahu saja. Semoga adik-adik bisa mendapatkan hasil maksimal di tingkat Jawa Tengah,” imbuhnya.

Siswa MAN 1 Kudus yang menjadi pemenang pertama kategori pelajar, Riskia Khanifa, berterima kasih atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kudus. Dirinya akan menguji coba penelitiannya lebih mendalam.

“Terima kasih atas masukan dan dukungan Bapak Bupati. Masukan ini nanti akan kami jadikan sebagai upaya untuk menjadi lebih baik,” ucapnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Kudus Revlisianto Subekti menyampaikan, peserta tahun ini lebih banyak dibanding tahun kemarin. Tahun ini, peserta lomba Krenova kategori masyarakat umum sejumlah 24 orang, dan kategori pelajar sejumlah 112 orang.

“Partisipasi masyarakat tahun ini lebih banyak dibanding tahun kemarin,” tuturnya.

Penulis: Kontributor Kab Kudus
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait