Dorong Kemandirian Warga Desa Berstatus Miskin Ekstrem dengan Pelatihan

  • 16 Jun
  • yandip prov jateng
  • No Comments

REMBANG – Untuk mengentaskan kemiskinan warga di 11 desa merah atau yang berstatus miskin ekstrem, Pemerintah Kabupaten Rembang menggelar pelatihan pembuatan produk makanan di Hotel Fave, selama empat hari, mulai Senin (13/6/2022) hingga Kamis (16/6/2022).

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Rembang, M Mahfudz, menyampaikan, para peserta diberi materi dan praktik membuat kue kering dan makanan ringan, dengan bahan baku sesuai potensi yang ada di masing-masing desa. Peserta juga dilatih hingga ke tahap proses pengemasannya.

“Pelatihan ini diutamakan untuk pengolahan produk-produk lokal yang berkaitan dengan sumber daya lokal. Seperti misalnya, di sana ada keripik pisang, keripik ketela, keripik nangka. Itu nanti diberi pelatihan proses pembuatannya, sampai ke packaging-nya,” terang Mahfudz saat ditemui, Rabu (15/6/2022).

Mahfudz berharap, pelatihan yang diikuti 50 orang ibu rumah tangga itu dapat benar-benar dipraktikkan, sehingga ke depannya dapat membangun kemandirian masing-masing peserta.

“Ini kita fokuskan untuk penanggulangan kemiskinan yang ada di wilayah-wilayah masuk dalam zona kemiskinan ekstrem. Sehingga kita harapkan, nanti masyarakat dari zona kemiskinan ekstrem bisa lebih mandiri agar bisa terlepas dari zona merah,” bebernya.

Penulis: Mifta, Kominfo Rembang
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait