Pengguna Layanan MPP Terus Meningkat

  • 15 Apr
  • Yandip Jateng Prov (3)
  • No Comments

KABUPATEN SEMARANG – Untuk memastikan pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP), berjalan baik, Bupati Semarang Ngesti Nugraha meninjau kegiatan berbagai jenis pelayanan umum di MPP Kabupaten Semarang, di Lopait Tuntang, Selasa (15/4/2025) pagi.

Bupati menyapa dan berdialog langsung dengan warga yang memanfaatkan layanan umum di sana. Selain itu, dia juga memberi semangat kepada para petugas pelayanan, agar selalu melayani warga dengan baik.

Disampaikan, pihaknya berencana memperluas bangunan MPP, untuk meningkatkan mutu pelayanan publik. Tahun ini direncanakan perluasan lahan, dan tahun depan pembangunan gedung baru. Saat ini, ada satu bidang yang masih berkantor di Ungaran. Nantinya, seluruh bidang di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dapat berada di satu tempat.

“Sehingga, pelayanan kepada masyarakat akan lebih cepat dan optimal,” tegasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMPTSP Kabupaten Semarang Hetty Setyorini menerangkan, saat ini MPP menyelenggarakan 129 jenis pelayanan umum. Jumlah itu bertambah dari sebelumnya, yakni 125. Ada 25 instansi yang siap melayani warga, di antaranya UPPD, BPJS Ketenagakerjaan, Polres, Kejaksaan, BUMD, dan BUMN. Selain itu, juga beberapa instansi horizontal, seperti DPU, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Kesehatan.

Pada 2024, lanjutnya, tercatat 67.752 pengguna pelayanan umum yang beraktivitas di MPP. Angka itu meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, sebanyak 2.416. Sedangkan sampai akhir triwulan pertama 2025, ada 9.619 pengguna.

Hetty juga menyebut, kemudahan pelayanan perizinan MPP berkontribusi signifikan pada pencapaian nilai investasi daerah. Pada 2024, realisasi investasi baik asing maupun dalam negeri, mencapai Rp4,29 triliun.

“Angka itu melebihi target nasional sebesar Rp4 triliun,” pungkasnya.

Penulis: Junaedi, Diskominfo Kab Semarang
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait