ANGKAT POTENSI UMKM DAN UKM SEMARANG, WALIKOTA HENDI GANDENG TOKOPEDIA ONLINE

  • 29 Mar
  • dev_yandip prov jateng
  • No Comments

SEMARANG-Pemerintah kota Semarang terus berkomitmen untuk menngoptimalkan potensi UMKM dan UKM. Setelah sebelumnya meluncurkan program bantuan kredit WIBAWA dengan bunga hanya 3% per tahun. Kali ini dengan Pemkot Semarang menggandeng Tokopedia Online dan Kadin Kota Semarang, melalui penandatanganan MoU Laman Kota Semarang dalam rangka pemasaran produk unggulan UMKM dan UKM Semarang. Penandatanganan tersebut dilakukan Walikota Semarang Hendrar Prihadi bersama Direktur Tokopedia Leontinus Alpha Edison dan Ketua Kadin Kota Semarang Arnaz Andraasmara, Senin (27/3) di Ruang Lokarida Lt.8 Gedung Moch Ikhsan.

“Hari ini adalah berkah karena salah satu toko online terbesar di Indonesia PT Tokopedia hadir ditengah-tengah panjenengan, guna mengajarkan ilmu pemasaran produk melalui online. Setiap hari transaksinya bisa mencapai 40-50 Milyar, bila 20% nya saja terjadi di kota Semarang maka akan membawa keberkahan bagi UMKM dan UKM di Kota Semarang” tutur Walikota Semarang Hendrar Prihadi saat membuka acara tersebut.

Pihaknya pun mengatakan ini adalah langkah terobosan positif yang dilakukan Pemkot Semarang untuk membantu pemasaran UMKM Semarang agar lebih dikenal di Indonesia. “Sebetulnya pemasaran UMKM masih banyak yang bersifat offline sehingga masih banyak yang belum tahu produk-produknya. Sehingga kita dan Kadin mencoba gandeng Tokopedia untuk membantu UMKM Semarang,” ungkapnya.

Marketing online menurut Hendi sapaan akrab Walikota menjadi kebutuhan saat ini dan tak dapat dihindari. “Maka dari itu ambil sisi positif dari kemajuan teknologi ini dan gunakan kesempatan ini untuk sharing dengan Tokopedia tentang bagaimana masuk peluang tersebut. Dan juga kualitas produk harus dapat dipertanggungjawabkan ” pesan Walikota kepada pelaku UMKM dan UKM.

Sementara Direktur Tokopedia, Leontinus Alpha Edison dalam laporan mengatakan bahwa kerjasama dengan Pemkot Semarang untuk membantu memberdayakan teman-teman khususnya pelaku UMKM dan UKM untuk mengembangkan bisnis. “Yang semula hanya lingkup dalam kota saja sekarang diperluas hingga Indonesia. Ucapnya

Pihaknya mengungkapakan, bahwa nantinya Tokopedia akan membuatkan laman khusus untuk Kota Semarang yang dimana didalamnya memuat produk-produk UMKM dan potensi-potensi  Pariwisata Semarang. “Harapannya dengan kerjasama tersebut, akan mengangkat hal-hal unik terbaik Kota Semarang. Serta peningkatan pertumbuhan ekonomi UMKM dan Pariwisata di Semarang,” imbuhnya.

Pihaknya berkomitmen untuk terus mengadakan pelatihan pemanfaatan internet dalam membangun bisnis kepada pemilik UMKM secara berkala dan berkesinambungan. “Kita akan launching lamannya 9 April 2017. Minimal lamannya sudah bisa diakses, videonya sudah bisa ditonton dan sudah bisa transaksi,” tukasnya.

Berita Terkait