• 20 Jan
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KENDAL – Pemkab Kendal langsung gerak cepat menangani jalan beton di Desa Surokonto Kulon Kecamatan Pageruyung yang bagian bawah jalan terkena longsor. Penanganan jalan longsor  dibantu sebuah perusahaan beton yang biasanya melayani pengecoran jalan di Kabupaten Kendal. Bagian yang longsor dilakukan pengecoran sedalam 5 meter agar posisi tebuling kuat. Panjang sekitar 20 meter dengan ketebalan cor 1 meter.

Sugeng warga setempat mengaku heran dengan cepatnya penanganan longsor. Pasalnya longsor terjadi selasa lalu dan hari Kamis langsung ditangani. Pekerjaan dilakukan secara maraton siang dan malam. “Selang sehari setelah longsor ada beberapa orang yang melakukan pengukuran dan hari berikutnya dimulai pekerjaan,”ujar Sugeng.

Sementara itu Gatot Direktur PT Selomukti Jumat (17/1), mengaku tergugah dengan memberikan bantuan perbaikan karena jalan tersebut cukup vital dan melihat bahayanya jika tidak langsung diperbaiki. Pihaknya meminta bantuan perusahaan tambang terdekat untuk ikut berpartisipasi karena jalan tersebut biasa dilalui. “Ini merupakan inisiatif kami membantu pemerintah Kabupaten Kendal, karena ini bencana maka kami merasa ikut bertanggungjawab membantunya,”ujar Gatot.

Kepala DPUPR Sugiono mengatakan, di tahun ini ada dana perbaikan talud jalan sepanjang jalan Weleri sampai Pageruyung dan jika ada titik-titik bencana atau longsor.  Pihaknya menganggarkan dana tersebut, mengingat posisi jalan ada tebing dan jurang sehingga rawan longsor. “Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kepedulian PT Selomukti, namun kami tetap mengawasi dan menyempurnakan jika ada kekurangan, “ujar Sugiono.

Bupati Kendal dr. Mirna Annisa,M.Si. sangat konsen dalam penangan bencana. Oleh karena itu, jika ada pihak yang akan membantu pemerintah Kabupaten akan diterima dengan senang hati. “Kepedulian pengusaha terkait bencana kami apresiasi, salah satunya perusahaan beton yang mau mambantu perbaikan tebing longsor di Desa Surokonto Kulon, itu inisiatif mereka dan kami terima dengan tangan terbuka,”ujar Bupati Mirna.

Bupati Mirna berharap semakin banyak yang peduli dengan Kabupaten Kendal, terutama yang selama ini sudah bekerja sama mengerjakan kegiatan setiap tahunnya. ( Kominfo Kendal / heDJ )

Berita Terkait