2023, Rasio Kunjungan Perpusda Kota Pekalongan Lampaui Target

  • 17 Jan
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KOTA PEKALONGAN – Rasio kunjungan masyarakat ke Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Pekalongan, pada 2023, mencapai angka 27,95 persen, atau lebih dari target yang ditentukan, yakni 19,93 persen. Capaian tersebut, salah satunya, merupakan imbas dari gelaran Festival Literasi pada September 2023.

 

Kepala Bidang perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan, Ismanto saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, menyatakan, rasio kunjungan tersebut dihitung berdasarkan jumlah pengunjung berusia 5-60 tahun dibandingkan dengan jumlah penduduk Kota Pekalongan usia 5 sampai 60 tahun.

 

“Tahun 2023 untuk kunjungan di Perpusda Kota Pekalongan kalau kita dilihat perkembangannya dari tahun ke tahun semakin meningkat karena pandemi sudah hilang dan bencana rob sudah mulai terkendali. Alhamdulillah kian meningkat,” terangnya, saat ditemui di kantornya, Selasa (16/1/2024),

 

Lebih lanjut, dalam rangka mempromosikan perpustakaan, pihaknya selalu bergandengan dengan bunda literasi setempat serta menyelenggarakan Festival Literasi tahun 2023, di lapangan Mataram Kota Pekalongan.

 

“Kami bersyukur Festival Literasi membawa dampak besar terhadap minat baca dan kunjungan perpustakaan, ditambah roadshow yang sudah terlaksana baik ke sekolah, perpustakaan masyarakat. Kami juga sudah merambah masuk perguruan tinggi. Semua ini membawa pengaruh baik bagi masyarakat antusias untuk berkunjung ke perpustakaan. Mudah-mudahan dari meningkatnya kunjungan, minat baca di kota Pekalongan juga semakin bergelora,” tukasnya

 

Penulis: Diskominfo Kota Pekalongan
Editor: Tn, Diskominfo Jateng

Berita Terkait