Kirab Budaya Bhinneka Tunggal Ika Rekatkan Persatuan

Semarang – Menyambut HUT ke-72 Kemerdekaan RI dan memeringati Hari Pemuda yang jatuh pada 12 Agustus, Karang Taruna Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Kirab Budaya Bhinneka Tunggal Ika, Sabtu (12/8). Mengambil start di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal, kirab diikuti anggota Karang Taruna se-Jawa Tengah.

Di barisan depan, anggota Karang Taruna mengenakan pakaian berwarna merah putih. Di baris berikutnya tampak drum band yang mengawal puluhan anggota Karang Taruna yang berpakaian adat dari beberapa daerah di Indonesia. Barisan akhir kembali ditutup dengan pasukan berpakaian merah putih. Mereka berjalan menuju halaman Kantor DPRD Jateng.

Ketua Karang Taruna Jawa Tengah Dede Indra Permana Sudiro mengatakan, sebelum kirab, para anggota Karang Taruna juga mengadakan kegiatan panggung hiburan dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal. Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai salah satu upaya menjaga keanekaragaman yang ada di tengah masyarakat. Sebab, persoalan kebhinnekaan kerapkali mengganggu persatuan bangsa.

Senada disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko yang melepas kirab budaya Bhinneka Tunggal Ika. Kegiatan yang dilaksanakan memang tampak simbolis. Tapi, menunjukkan representasi bahwa mereka menghormati jasa para pahlawan bangsa.

“Walaupun ini sifatnya hanya simbolis, belum menggambarkan seluruh semangat para pemuda, tapi simbolis ini saya kira jadi representasi semangat para pemuda yang menghormati para pendahulunya. Meneruskan perjuangan untuk mencapai cita-cita kemerdekaan,” tuturnya.

Heru pun mengobarkan semangat agar para generasi penerus bangsa senantiasa mencintai Indonesia dengan berpegang teguh pada Pancasila, UUD’45, dan Bhinneka Tunggal Ika.

 

Penulis : Rt, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn