Gama Co-Brand, Tak Sekadar Kartu Alumnus

Yogyakarta – Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama), serta Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) menerbitkan Kartu Gama Co-Brand. Kartu yang merupakan kartu identitas para anggota Kagama itu, juga dapat digunakan sebagai kartu transaksi perbankan.

Peluncuran kartu yang laksanakan di Ruang Senat UGM, Sabtu (12/8), disaksikan Wakil Menteri Keuangan Prof Dr Mardiasmo MBA Akt, dan ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara Rektor UGM Prof Panut Mulyono, Gubernur Jawa Tengah sekaligus Ketua Umum Kagama Ganjar Pranowo, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, Direktur Utama BTN Maryono, Direktur Utama BRI Suprajarto, Wakil Direktur Utama Mandiri Sulaiman Arianto, serta Direktur Bank Mandiri Syariah Kusman Yandi.

Rektor UGM Prof Panut Mulyono menjelaskan, selain sebagai kartu keanggotaan Kagama, Kartu Gama Co-Brand berfungsi untuk bertransaksi di bank ataupun ATM. Selain kartu debit juga bisa digunakan sebagai kartu TapCash, mendapatkan fasilitas e-banking, SMS banking dan phone banking, dapat juga menggunakan fasilitas BNI Debit Online.

Kartu keanggotaan Kagama dengan fasilitas kartu debit ini, kata dia, bisa digunakan untuk pembayaran pembelian voucher, pembayaran listrik, pulsa, kredit. Semuanya bisa dimanfaatkan dan masing-masing alumni bisa memilih sesuai kebutuhan baik bertransaksi dengan Bank Mandiri, BNI, BTN, BRI, maupun Mandiri Syariah.

Kartu Gama Co- Brand diberikan pada alumni saat di wisuda baik diploma, sarjana, maupun pasca sarjana. Selain itu kartu tersebut juga akan diberikan pada alumni UGM yang saat ini sudah tersebar di seluruh pelosok nusantara dan mancanegara.

“Saat ini jumlah alumni UGM mencapai sekitar 300 ribu orang yang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri, sehingga ini merupakan potensi yang luar biasa,” beber Prof Panut.

Selain mendorong kemudahan dalam transaksi perbanksn, UGM juga terus berusaha mengatasi beragam persoalan terkait dengan mahasiswa. Termasuk menjalin kerja sama dengan para mitra lain dalam menyediakan beasiswa untuk para mahasiswa tidak mampu. Salah satunya beasiswa asrama gratis selama setahun bagi mahasiswa baru yang cerdas dan berasal dari keluarga kurang mampu secara finansial.

“Penandatanganan MoU ini merupakan bukti dari sinergitas yang sangat baik antara Bank BUMN Kagama, dan Universitas Gadjah Mada. Terimakasih atas kontribusi BNI, BTN, Mandiri, dan Bank bersama UGM membantu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui beasiswa dan program-program yang lain,” ucapnya.

Senada disampaikan Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP. Menurutnya, seiring kemajuan teknologi informasi yang luar biasa seperti sekarang, perbankan bisa masuk ke berbagai sendi kehidupan. Hal itu yang mendasari para alumni memunculkan gagasan apakah kartu yang ada di dompet ini bisa bermanfaat untuk kartu keanggotaan sekaligus berbagai fungsi lain bagi anggota Kagama.

“Kita dorong program-program apa saja yang bisa dikembangkan. Apakah sinergi ini bisa kita kembangkan terus-menerus, sehingga semakin banyak kita menggunakan teknologi untuk kesejahteraan bersama,” terangnya.

Ketua Himbara Maryono menambahkan, bentuk kerja sama ini merupakan terobosan bagus dan elegan berikan apresiasi khusus Kagama yang membuat suatu terobosan kerjasama dengan beebagai pihak. penerbitan Kartu Gama Co-Brand berawal dari gagasan para alumni UGM.

“Kira-kira apa yang bisa dilakukan oleh alumni untuk negara kemudian terbentuklah kesepakatan-kesepakatan dengan beberapa bank BUMN,” pungkasnya.

 

Penulis : Mn, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn