Hidup Bermartabat di Usia Senja

Semarang – Sebanyak 700 orang tua lanjut usia mengikuti kegiatan jalan sehat yang diadakan Dinas Sosial Jawa Tengah, Jumat (19/5). Kegiatan itu dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-21 Tingkat Provinsi Jateng 2017.

Mulai start dari depan Kantor Dinsos Jalan Pahlawan, para peserta yang mayoritas lansia berjalan mengelilingi wilayah Pleburan Raya dan kembali finish di kantor Dinsos. Turut serta dalam kegiatan tersebut Sekda Jateng Dr Ir Sri Puryono KS MP dan Kepala Dinas Sosial Jateng Drs Nur Hadi Amiyanto beserta sejumlah kepala OPD lainnya.

“Tema peringatan HLUN 2017 adalah Hidup Bermartabat di Usia Senja. Maknanya negara memiliki perhatian tinggi terhadap kesejahteraan lanjut usia, berpihak pada hak-hak dan pemenuhan kebutuhan lanjut usia, serta menjamin peningkatan aktualisasi diri dan peran sosialnya di masyarakat,” kata Kepala Dinsos Jateng Drs Nur Hadi Amiyanto.

Nur Hadi menjelaskan, peringatan HLUN 2017 tersebut memiliki empat tujuan yang ingin dicapai, yaitu, melembaganya nilai-nilai sosial masyarakat untuk selalu meneladani dan menghargai keberadaan lanjut usia. Kedua, terwujud dan meningkatnya kesadaran lanjut usia, keluarga dan masyarakat akan arti pentingnya kehidupan berbangsa bernegara. Ketiga, termotivasi dan bergeraknya para individu, keluarga, oganisasi sosial masyarakat dan dunia usaha dalam upaya meningkatkan kesejahteraan lanjut usia dengan mengembangkan jiwa dan semangat bersama.

“Keempat, meningkatnya kerja sama multisektor baik dari unsur-unsur pemerintahan dan masyarakat dalam berbagai upaya yang berkaitan dengan kebermaknaan lanjut usia dalam kehidupan berbangsa,” katanya.

Sementara itu Sri Puryono dalam sambutannya mengatakan, lanjut usia bukan jadi halangan untuk beraktivitas apapun meski itu harus menguras fisik dan berpeluh berkeringat. Justru dengan berolahraga seperti ini, metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik, racun-racun di tubuh keluar bersama keringat, badan sehat, jauh dari penyakit, dan panjang umur.

“Namun berolahraga juga harus teratur dengan disertai konsumsi makan yang bergizi seimbang, tidak merokok dan minum alkohol, istirahat cukup, serta makin semeleh pikirane. Yang tidak kalah penting terus berkarya dan berprestasi memberi kontribusi ke lingkungan sekitar. Jadi, dapat hidup bermartabat di usia senja merupakan cita-cita bersama, hidup sejahtera dan bahagia,” katanya.

 

Penulis : Hr, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn