Festival Jalan Tol, Beri Kesempatan Warga Swafoto di Tol Terindah

Salatiga – Festival Jalan Tol yang digelar oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk di Toll Gate Salatiga, Minggu (13/8) sukses menarik animo masyarakat. Sekitar 4.500 peserta mengikuti kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan jalan tol Semarang-Solo, khususnya ruas Bawen-Salatiga, dengan panjang 17,54 kilometer yang akan segera dioperasikan untuk umum. 

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan panitia. Di antaranya fun walk dengan jarak lima kilometer, fun bike short distance 22,7 kilometer, dan fun bike long distance berjarak 35 kilometer. Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP beserta istri Atikoh Ganjar Pranowo turut meramaikan festival dengan mengikuti fun bike long distance.

Dalam sambutannya Ganjar mengatakan ruas tol Bawen-Salatiga itu memang tidak salah disebut sebagai jalan tol terindah se-Indonesia. Sebab, sepanjang jalan yang dilalui pengguna jalan disuguhi panorama alam indah dengan background Gunung Merbabu. Untuk itu, dia meminta agar masyarakat bersama-sama merawat dan menjaga jalan tol.

“Infrastruktur transportasi ini perlu dijaga bersama-sama. Inilah yang nantinya kita harapkan akan memperlancar seluruh yang anda mau semuanya,” katanya.

Pelepasan fun walk dan fun bike dilakukan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono. Dia menyampaikan jalan tol ruas Bawen-Salatiga rencananya akan dioperasikan pada 28 Agustus nanti.

“Sudah ada kunjungan lapangan kemarin. Mungkin setelah tanggal 17 2017 Agustus akan kita keluarkan (SK Menteri PUPR), kalau itu laik. Dan kami rencanakan tanggal 28 Agustus 2017 akan dibuka resmi untuk masyarakat,” katanya.

Basuki menambahkan progres pengerjaan ruas jalan tol Salatiga-Solo saat ini sudah mencapai 15 persen. Dengan pembebasan lahan yang sudah mencapai 90 persen lebih, dia optimistis pada akhir 2018 nanti seluruh jalan tol Trans Jawa sudah tersambung dan dioperasikan.

Sementara itu, Dirut PT Jasa Marga Desi Arryani mengatakan Festival Jalan Tol diselenggarakan sebagai ucapan terima kasih kepada masyarakat yang sudah ikut berpartisipasi di dalam pembangunan jalan tol ruas Bawen-Salatiga. Event tersebut juga untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat menikmati pemandangan alam yang dilintasi ruas jalan tol tersebut karena setelah dioperasikan nanti masyarakat tidak bisa lagi turun di jalan tol untuk melakukan selfie.

“Kalau sudah dioperasikan tidak boleh turun sembarangan untuk selfi lagi. Jalan tol betul-betul aturan lalu lintas, tidak boleh lagi turun untuk foto-foto,” katanya.

Desi berharap dengan festival tersebut masyarakat bisa ikut merasa memiliki, menjaga dan merawat jalan tol khususnya untuk kebersihan.

Setelah melakukan kegiatan fun bike Gubernur Ganjar beserta istri ikut bersenang-senang dengan masyarakat dengan berjoget dan bernyanyi bersama. Bahkan, Menteri Basuki unjuk kebolehan dalam memainkan alat musik drum dan mengiringi lagu yang dinyanyikan masyarakat.

 

Reporter : Kh, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn